Alifuru Bangkit, Selamatkan Tatanan Adat

Ambon, Ambontoday.com – Sekira lima ratus jutah penduduk Seram mulai bersuara, kendati kondisi keterpurukan, kemiskinan hampir disendengkan mereka, maka sikap kebersamaan dengan satu lembaga yang mewadai mereka, Seram Alifuru Bersatu (SAB) yang akan dibentuk.

Wujud kekompakan itulah terbentuknya panitia kongres pertama yang diketuai oleh Yance Haumase. dipercayakan seluruh anak adat Alifuru kepadaya, debgan alasan, ektabilitas, loyalitasnya sudah terukur dari sisi kepimpinannya sewaktu masih dibirokrasi.

“Saya bersyukur dipercyakan oleh seluruh basudara Alifuru untuk menjadi ketua panitia kongres pertama, semoga dengan keoercayaan ini saya dan rekan – rekan panitia mampu berbuat yang terbaik untuk keinginan yang luhur dan mulia dari seluruh anak adat Alifuru” kata Haumasse dalam sembutannya pada pertemuan perdana sekaligus pemilihan ketua panitia Sabtu (3/8/2019) di Ambon.

Dikatakan, Haumasse, deklarasi berdirinya SAB dan akan dilakukannya kingres pertama, dasar berdirinya SAB, guna mempertahankan jati diri oarang Maluku khususnya Seram dalam mempertahankan budaya adat dan Negeri Raja – Raja.

“Wilayah Adat Negeri Raja-Raja hanyalah formalitas. Kenapa demikian? Sebab Raja Adat bisa kita hitung dengan jari, munculnya terobosan baru di negeri ini, maka Seram Alifuru bukan termasuk dalam kategori Negeri Raja-Raja tapi Negeri Pejabat. Ingat, Negeri ini telah di Bentuk dengan gerbong adat yang kolektif dari datuk dan leluhur di masa lampau” ujar Haumasse.

Melirik saat ini, banyak generasi muda yang sudah lupa akan adat isti adat, karena kondisi disejumlah Negeri adat di Maluku khusus pada pulau Seram, tidak ada Raja defenitif, yang ada hanya penjabat, ini proses yang salah.

“Maka, kami menggagas pelaksanaan Kongres Masyarakat Seram Alifuru Bersatu nantinya dengan tujuan yang kondutif guna memperkokoh barisan Seram Alifuru Bersatu sesuai keyakinan dan komitmen kita bersama untuk membangun Generasi Bangsa Alifuru agar mereka bisa mengenal Budaya Adat di Tanah Besar “Pulau Seram” bebernya.

“Harapannya, tidak ada unsur atau ikatan politik apapun didalam barisan Persatuan ini, Tegas Haumase, pembentukan Seram Alifuru Bersatu demi mengembangkan potensi-potensi Adat Istiadat yang telah di bentuk oleh Datuk dan Moyang-Moyang dijaman Masa Lampau. diharapkan juga, kekompakan, kebersamaan perluh dipupuk dan dijaga, guna menjawab keinginan besar seluruh masyarakat alifuru dipulau besar seram” tutup mantan kepala dinas perhubungan kota ambon ini. (AT/halid)

Jadilah Orang Pertama share:
author