Jelang Idul Adha 2019, 47 Hewan Qurban Akan Diperiksa

AMBON, Ambontoday.com– Menjelang Iduol Adha tahun 2019, sebanyak 47 hewan Qurban akan diperiksa Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.”Kita akan melakukan pemeriksaan bagi hewan qurban itu layak atau tidak untuk dikonsumsi oleh masyarakat yang menerima,”kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, Jhon Tupan kepada media di ruang kerjanya, Rabu (7/8/2019).

Menurutnya, 47 hewan yang akan dikurbankan itu terdiri dari 17 ekor sapi dan 30 ekor kambing yang pengadaannya oleh bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Ambon.

“Kami akan melakukan pemeriksaan fisik dari hewan-hewan tersebut, sehingga kita dapat mengetahui hewan itu sehat ataukah tidak untuk dikurbankan, dan kalau memang diduga ada hal-hal yang lain ditemukan akan diperiksa juga,” akuinya.

Ia mengakui, pihaknya tidak bisa mengintervensi secara langsung untuk hewam qurban tersebut tapi kami selalu berkoordinasi dengan bagian kesra. “Jadwal pemeriksaan hewan-hewan ini menjadi rutin yang selalu kami lakukan sebelum hewan ini diqurbankan,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan stafnya sebanyak sepuluh petugas (10) untuk melakukan proses pemeriksaan terhadap kesehatan hewan qurban tersebut. “Kita menunggu pihak Kesra, untuk mengarahkan kita dimana lokasi ternak, petugas kita akan langsung melakukan proses pemeriksaan,” paparnya.

Selain itu, dari proses pemeriksaan, petugas bidang peternakan juga nantinya akan melakukan proses pendampingan saat proses pemotongan, agar dapat memastikan daging yang diberikan adalah daging yang sehat dan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pemeriksaan antara lain, mata hewan, bentuk tubuhnya kurus atau gemuk, cacat atau tidak. artinya penampilan fisiknya yang nantinya akan
dilihat secara rinci,” cetusnya.

Dia meyakini, pengadaan ternak yang dilakukan oleh bagian Kesra akan sesuai dengan standar yang ditetapkan. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author