Sapi Kurban Presiden Dan Gubernur Disumbangkan Pada Mesjid Raya Alfata

Ambon, ambontoday.com – Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail menyampaikan, sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo dan sapi kurban darinya, yang diterima langsung Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Ustadz Hasanussi, Sabtu (10/8).

Gubernur mengatakan, berkurban tidak harus dengan kegiatan formal seperti penyerahan hewan kurban oleh simbolis. Esensi dari berkurban, kata dia, adalah memberi, berbagi dan meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

“Mari kita ambil hikmah dari kegiatan berkurban. Ibadah kurban untukku, intinya beri dan berbagi. Kalau tidak ada keinginan yang ikhlas, kita tidak akan mendapat nilai pahala dan ibadahnya, ”katanya.

Sapi jenis kurban bantuan Presiden adalah sapi jenis Ongole dengan berat 850 kilogram. Sementara sapi kurban dari Gubernur juga dari ras Ongole dengan berat 800 kilogram.

Kepala Biro Kesra Setda Maluku, Poppy Bachmid, dalam laporannya kepada Gubernur menyampaikan, semua herwan kurban ini sudah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan. Khusus untuk sapi kurban Presiden bahkan turut melibatkan Staf Kepresidenan untuk turun langsung ke lokasi penampungan, sehingga sapi tersebut benar-benar pilihan dan steril dari berbagai penyakit.

“Hewan kurban ini telah diperiksa oleh dokter hewan, dan telah dikeluarkan surat kesehatan hewan sehingga aman untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Dijelaskannya, sapi yang disumbangkan Presiden dan Gubernur merupakan hasil Program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab). Program ini tujuannya mengakselerasikan percepatan pemenuhan populasi sapi potong. Siwab mencangkup dua program utama yaitu Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (Inka).

Selain menyerahkan sapi kurban dari Presiden dan sapi kurbannya, Gubernur juga menyerahkan simbolis hewan kurban kepada Pemerintah Provinsi Maluku. Jumlah hewan kurban yang disalurkan Pemerintah Provinsi Maluku terdiri atas 32 ekor sapi dan 48 ekor kambing. Hewan-hewan kurban ini sudah disetujui pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat.

“48 ekor kambing sudah diterima pada yang diterima pada hari Jumat kemarin di pelataran Ismalic Center,” kata Bachmid (AT / lamta)

Jadilah Orang Pertama share:
author