Louhenapessy: JamSrada Adalah Syarat Mutlak Untuk Capai Adipura Lagi

AMBON, Ambontoday.com– Jamsrada merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan suatu daerah atau kota di Indonesia untuk kemnali meraih adipura sebagai kota yang bersih.

“Dulu kota Ambon mendapatkan adipura dengan kategori kota yang bersih, tapi sekarang jamsrada menjadi salah satu penilaian dari pemerintah pusat terkait kebersihan kota, dan kota Ambon harus melaksanakan kebijakan itu terkait sampah,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada media usai acara FGD Pengelolaan Sampah Secara Proprosional dan Profesional di Hotel Santika, Senin (19/8/2019).

Ia mengakui, masalah sampah ini sudah tertangani secara konsepsual, yang secara nasional itu namanya kebijakan strategi nasional dan kemudian turun ke daerah yang dinamakan dengan kebijakan strategi provinsi dan daerah.

“Kita bersyukur karena Ambon masuk dalam 45 kota yang sudah memiliki Jamsrada (kebijakan strategi daerah itu terkait sampah) tapi ini secara normatif kebijakannya. Tapi dari sisi lain, masyarakat lihat bukan masalah jamsrada, yang rakyat lihat adalah kebersihan dan kerapian kota, ini adalah dua hal yang berbeda,” ungkapnya.

Oleh karena itu, atas dasar jasarada itu lalu kita mulai elaborasi kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah dengan serius.

“Ini yang sekarang saya buat, jadi ada jasarada dan saya minta untuk dinas lingkungan hidup dan persampahan kota Ambon menguraikan secara baik lagi langkah-langkah apa yang kita harus kerjakan dalam bentuk implemantasinya, dan kalau ini sudah jalan maka kita akan bergerak sesuai dengan implemantasi itu. Konsep bagus tapi kalau pelaksanaan dilapangan tidak bagus maka sama saja,” cetusnya.

Ia menjelaskan, dengan jamsrada yang dimiliki maka akan dilaksnakan implementasinya. “Ini akan menjadi contoh buat kota-kota yang ada di Provin Maluku. Hari ini kita bicarakan cara penangannya,” harapnya.

Untuk itu, Ia berharap, lewat Forum Group Discution (FGD) akan mendapatkan sejumlah rekomendasi. “Rekomendasi itu yang nantinya saya tindaklanjuti, kalau memang harus penertiban plastik maka kita akan keluarkan peraturan Walikota, sehingga berdasarkan rekomendasi itu akan dilaksanakan secara bertahap,” jelasnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author