Tolak Penggusuran, Masyarakat Negeri Batumerah Gelar Aksi Demo di Balai Kota Ambon

AMBON, Ambontoday.com– Tolak penggusuran yang berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman, Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau Ambon, puluhan Masyarakat Negeri Batumerah gelar aksi demo di kantaor Balai Kota Ambon, Senin (26/8/2019).

Aksi demo ini dipimpin langsung oleh Kordinator Lapangan (Korlap) Muthalib Ridwan Walla. Dalamn Pernyataan sikapnya Walla mengakui, pihaknya sangat menolak dengan keras atas penggusuran yang dilakukan di tahap pertama dan mau dilakukan ada tahap kedua oleh Pemerintah Kota Ambon.

“Berhenti melakukan penggusuran, karena kami telah menjalankan kesepakatan dengan DPDR Kota Ambon dan Pemerintah Kota Ambon pada tahun 2012 bahwa penggusuran yang dilakukan sebesar 11,5 meter dari AS tengah jalan,” ungkpanya,

Ia mengatakan, pihaknya siap ditata oleh Pemerintah Kota Ambon mulai dari sekarang bahkan sampai kapanpun juga tanpa harus ada yang digusur.

“Kami tegaskan kepada Pemerintah Kota Ambon agar tidak lagi mempersulit warga dalam pergusuran sertifikat tanah, IMB, dan ijin usaha dan lainnya,” akuinya.

Ia menjelaskan, pihaknya menagih janji DPRD Kota Ambon dan Sekertaris Kota Ambon terkait pertemuan warga desa BatuMerah di ruang rapat paripurna kantor DPRD kota Ambon pada tanggal 11 Oktober 2018, yakni ; kami meminta pertanggungjawaban DPRD Kota Ambon yang mengeluarkan statement akan memediasi dengan pemerintah kota terkait ganti rugi 22 rumah dan ruko yang telah di gusur.

Sementara itu, Mewakili Walikota Ambon, Sekertaris Kota Ambon, A. G. Latuheru kepada masyarakat yang demo mengakui, hasil pernyataan sikap mereka akan disampaikan kepada Walikota Ambon karena beliau di luar dearah.

“Surat penggusuran kan tanggal 22 Agustus tapi sampai sekarang belum di bongkar, otomatis mulai hari ini sampai hari rabu tidak akan ada penggusuran dan aman saja. Karena pengambil kebijakan adalah Walikota Ambon bukan saya,” tuturnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author