Pemkot Apresiasi SIMPEL di Kota Ambon

AMBON, Ambontoday.com–  Pemerintah Kota Ambon sangat mengapresiasi program Simpanan Pelajar (SIMPEL) bagi seluruh siswa-siswi baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ambon.

Hal ini diakui Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler dalam sambutannya pada kegiatan Cerdas Cermat SIMPEL, yang merupakan rangkaian kegiatan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku guna memeriahkan Haru Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke-444 tahun.

Hadler mengakui, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi para pelajar agar dapar memiliki tabungan sendiri yang bermanfaat bagi masa depannya.

“Anak-anak di Ambon harus kita dorong sejak dini untuk menabung, karena anak-anak akan terlatih untuk dapat mengelola keuangan secara bertahap, yang nantinya akan menjadikan mereka sebagai pribadi yang tampil dalam pengelolaan keuangan sehingga akhirnya bisa mencapai kesejahteraan keuangan,” katanya di BPD Maluku dan Maluku Utara, Rabu (4/9/2019).

Untuk itu, peran orang tua sangat diperlukan dalam upaya membiasakan anak-anak untuk menabung sejak dini. “Anak-anak akan cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya sehingga apabila orang tua telah memiliki pemahaman tentang menabung bukan sebagai kewajiban semata, tetapi sebagai bagian dari gaya hidup, maka akan semakin mudah untuk memotivasi anak untuk dapat menabung,” tuturnya.

Lanjutnya, Pemerintah Kota Ambon akan selalu mendukung setiap kegiatan OJK Maluku yang mengedukasi masyarakat untuk menjadi cerdas, berkualitas , bermoral dan berbudaya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala OJK Provinsi Maluku, Bambang Hemanto mengatkan, kegiatan ini telah diikuti oleh 42 SMP/MTs dari 59 SMP/MTs di kota Ambon. “Babak penyisihan yang telah diselengggarakan tanggal 3 September2019 di kantor BRI dan menghasilkan 9 SMP/MTs yang bertanding di babak final.

Ia mengakui, dalam kegiatan ini juga dilakukan simbolis penyerahan PKS anatara bank penyelenggara SIMPEL dan kepala sekolah pelaksana SAIMPEL, serta simbolis pembukaan rekening baru.

“Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat karena dapat memfasilitasi proses pembelajaran langsung dari siswa melalui buku pelajaran meneganl OJK dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Materi dalam buku tersebut telah menjadi bahan ajar kurikulum 2013 dan bahan ujian nasional dalam mata pelajaran ekonomi tingkat SMP/MTs,” akuinya.

Selain pembelajaran langsung, siswa juga dapat mempraktikan pengelolaan keuangan sejak dini melalui SIMPEL. “Sebagai informasi, perluasan akses keuangan melalui SIMPEL merupakan salah satu perhatan OJK Maluku dan menjadi salah satu program utama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Provinsi Maluku,” tandasnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author