Media Lestarikan Budaya Melayu Ambon

AMBON, Ambontoday.com- Guna melestarikan dan membudayakan melayu Ambon, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Asrif berharap, media-media di Maluku baik daring dan cetak dapat memberikan atau membuat kolom untuk pemberitaan.

“Adanya keberpihakkan media terhadap kebudayaan melayu Ambon, karena masih sedikit media yang membuka kolom guna pemberitaan,” kata Asrif dalam sambutanya di Hotel Amaris Ambon pada kegiatan Penyuluhan Berbahasa Indonesia, Selasa (17/9/2019).

Menurutnya, tidak hanya bahasa Indonesia yang digunakan saat pemberitaan, akan tetapi dibutuhkan juga kolom untuk melayu Ambon masuk dalam suatu kata yang dapat dirangkaikan menjadi berita.

“Kolom khusus yang disediakan, akan menunjukan komitmen kita, dan tidak hanya sekedar penyampaian berita, akan tetapi keberpihakkan terhadap kebudayaan berbahasa,” ucapnya.

Untuk itu, Ia mengakui, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi berbahasa, ajang untuk berkumpul, berdiskusi tentang kebahasaan secara bersama.

“Kami sadari sungguh, kadang kala ada problematika yang sempat terdiskusikan dikalangan wartawan,” akuinya.

Ia mengungkapkan, budaya melayu Ambon semakin menjadi serius karena jaman yang kompetitif dengan masalah yang begitu banyak. “Kantor bahasa Maluku hadir bersama-sama media di Ambon untuk memberitahukan narasi-narasi berita yang semakin kuat dikomunikatif,” pungkasnya.

Ia menambahkan, Maluku memiliki jurnalistik yang ada sejak jaman kolonial. Ini berarti, kita telah berada pada titik yang profesional.

“Kami berharap capaian-capaian terbaik yang dimiliki wartawan, jangan berhenti tetapi terus meningkatkan kompetensi dalam era sekarang ini, sehingga dengan edukasi-edukasi yang ada kita semua dapat bertukar pikiran bersama agar masalah kebahasaan dapat tertangani,” tandasnya. (AT/elis)

Jadilah Orang Pertama share:
author