20 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon Kriminal

Bodewin : Keamanan dan Ketertiban Tangung Jawab Bersama

Ambon, Ambontoday.com-Situasi keamanan, ketertiban, ketentraman dan kedamaian di wilayah Kota Ambon perlu terus dijaga sebagai wujud tanggung jawab pemerintah daerah dalam memenuhi hak-hak masyarakat.

Demikian disampaikan Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam kegiatan Pencegahan Dini Dan Penanganan Konflik Kota Ambon oleh Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ambon di Blitz Hotel, Rabu (23/8/2023).

Dalam sambutannya Bodewin mengatakan, untuk menciptakan serta menjaga ketahanan masyarakat dan stabilitas daerah perlu adanya kerja sama dari seluruh pihak untuk menciptakan hal tersebut.

Dirinya menjelaskan, Konflik sosial adalah proses konflik antara dua orang atau lebih yang berusaha menghancurkan pihak lain dengan cara membuat ketidakberdayaan .

“Semakin tinggi peluang terjadinya konflik dalam masyarakat tersebut dapat diatasi dengan upaya pencegahan konflik,”ungkapnya.

Diantaranya, melalui upaya memelihara kondisi situasi damai dalam masyarakat, mengembangkan penyelesaian perselisihan secara damai dan secara kekeluargaan.

Dirinya mengatakan, terhadap potensi konflik dan membangun sistem peringatan disertai upaya pencegahan masalah berupa tindakan pengendalian sosial untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kota ambon.

“Kondisi kota saat ini menjadi perhatian masyarakat yang dulunya berada di daerah-daerah sekarang lebih banyak berpindah dan melanjutkan aktivitas di Ambon,”ungkapnya.

Dengan demikian,tingkat pertumbuhan penduduk semakin meningkat menjadi potensi sekaligus juga menjadi tantangan bagi pemerintah kota ambon.(AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X