21 May 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon Lingkungan Hidup

BPBD Kota Ambon Jalankan Program SPAB di Lingkungan Sekolah

Ambon, Ambontoday.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menjalankan program Sosialisasi dan Simulasi Pendidikan Aman Bencana (SPAB) untuk menanamkan kesiapsiagaan sejak dini di lingkungan sekolah.

Demikian disampaikan Sekretaris BPBD Kota Ambon, Eva Tuhumury, Rabu (14/6/2023).

Tuhumury menjelaskan, sosialisasi edukasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Acara ini diikuti oleh para siswa dari SD 1, 2, dan 3 Poka

” Kegiatan sosialisasi Edukasi informasi rawan bencana yang merupakan kegiatan BPBD sesuai dengan dokumen pelaksanaan anggaran tahun 2023,”ucapnya .

Menurutnya, Tujuan dari kegiatan ini adalah menguatkan kapasitas kelembagaan di sekolah SD negeri 1,2 dan 3 Poka kepada siswa-siswi dan para guru untuk minimal tindakan apa ketika ada ancaman di sekitarnya.

“SD negeri 1,2 dan 3 poka ini merupakan resikonya bencananya gempa bumi dan tsunami,”ucapnya.

Dijelaskan, terhadap resiko bencana nanti memang dipetakan oleh teman-teman fasilitator apa yang menjadi ancaman tetapi melihat kondisi di wilayah SD 1,2 dan 3 poka ini ancaman lebih besar ke gempa bumi dan tsunami.

“Karena ini memang merupakan daerah rawan gempa bumi dan tsunami sesuai kajian resiko bencana di kota Ambon,”ujarnya.

Olah karena itu, BPBD Kota Ambon melakukan upaya pengurangan resiko bencana dengan melakukan kegiatan sosialisasi seperti ini sekaligus membentuk kelembagaan di SD negeri 1 dan 2 ,3 poka .

“Ini sudah sekolah yang ke-23 berarti kami sudah dari tahun 2015 hingga saat ini,’kata Eva

Dengan demikian dari kegiatan ini besar harapannya agar anak-anak mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh narasumber untuk menguatkan kapasitas di sekolah.

“Semoga mereka tanggu untuk melakukan upaya-upaya resiko bencana,”tandasnya (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X