17 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

BPBL Ambon Siap Wujudkan Tema Sentral Peringatan Harkanas 2023

Ambontoday.com, Ambon.- Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Sarwono, S.St.Pi dalam rangka memperingati Hari Perikanan Nasional (Harkanas) ke-10 Tahun 2023,  menyampaikan, peran BPBL Ambon selama ini senantiasa melaksanakan Program-program yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya.

Hal ini disampaikan Sarwono, kepada media ini di Ambon, Minggu 19 November 2023.

Menurutnya, setiap tahun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selalu memperingati Hari Perikanan Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 November.

Dalam peringatan Harkanas ke-10 tahun 2023 ini, Tema Sentral yang diturunkan oleh KKP yakni “Ikan Untuk Generasi Emas.”

Mengutip apa yang disampaikan Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Erwin Dwiyana, “Peringatan Harkanas ini kita sudah mengangkat tema bahwa bagaimana ikan itu bisa dimanfaatkan atau dinvestasikan untuk generasi emas.”

Generasi emas merupakan generasi yang sehat, cerdas, berinovasi, dan mampu merespon lingkungan sekitar. Termasuk mampu menjaga keberlanjutan dari sumber daya alam seperti ikan.

Sehingga diperlukan asupan yang baik untuk menstimulus para generasi emas. Untuk itu, melalui peringatan ini semua pihak bisa mengingatkan kembali bahwa ikan kaya akan kandungan gizi baik.

Menanggapi apa yang disampaikan Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Erwin Dwiyana, Kepala BPBL Ambon, Sarwono mengatakan, dalam rangka mendukung seluruh program dan kebijakan KKP,
BPBL Ambon senantiasa melaksanakan Program-program yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya dalam Upaya meningkatkan kesejahteraan Pembudidaya Ikan, dan meningkatkan Produksi Hasil Perikanan Budidaya.

“Beberapa Program yang dilaksanakan oleh BPBL Ambon adalah, Program Produksi Benih Ikan Laut unggul yang diserahkan kepada Masyarakat.

Pada Program ini, BPBL Ambon memproduksi benih-benih ikan laut unggul yang diperuntukan bagi Masyarakat pembudidaya ikan yang memenuhi syarat untuk bisa menerima bantuan benih ikan.

Pembudidaya ikan yang menerima bantuan benih ikan laut unggul ini tersebar di seluruh wilayah Kerja BPBL Ambon, mulai dari Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Sulawesi.

Ada juga Program Bantuan Sarana Budidaya Ikan Sistem Bioflok untuk Budidaya Ikan jenis Lele maupun Nila.

Dengan Program ini diharapkan Masyarakat bisa meningkatkan teknologi produksi Ikan air tawar dengan cara yang sehat,” jelas Sarwono ketika diwawancarai media ini.

Dikatakan, selain itu, ada juga Program Bantuan Sarana Kebun Bibit Rumput Laut Hasil Kultur Jaringan.

“Dengan Program ini BPBL Ambon berupaya meningkatkan Produksi Rumput laut di Masyarakat khusus nya Pembudidaya Rumput Laut di Indonesia Timur dengan melakukan perbaikan kualitas bibit Rumput laut dengan teknologi Kultur Jaringan,” ungkap Kepala BPBL Ambon.

Terkait tema sentral peringatan Harkanas yakni “Ikan Untuk Generasi Emas,” Sarwono menyampaikan, dalam upaya untuk mendukung tujuan itu, BPBL Ambon senantiasa memperkenalkan teknologi Budidaya kepada Masyarakat, yaitu teknologi budidaya yang ramah lingkungan dan teknologi budidaya yang menguntungkan.

“Dengan Masyarakat mengadopsi teknologi ini maka kesempatan Masyarakat untuk bisa menikmati protein ikan akan semakin luas dan mudah.

BPBL Ambon juga berupaya untuk memperkenalkan teknologi budidaya untuk aneka komoditas, sehingga pembudidaya memiliki banyak pilihan komoditas yang sesuai dengan perairan maupun lingkungannya. Keberhasilan dalam budidaya akan meningkatkan ekonomi maupun meningkatkan konsumsi ikan di Masyarakat.

Dirinya menyampaikan, peran BPBL Ambon dalam upaya mendukung program dan kebijakan pemerintah melalui KKP di tahun 2023 ini sejumlah capaian sudah dilakukan yakni, jumlah Distribusi Bantuan Benih ikan laut unggul ke Masyarakat sebanyak 621.000 ekor, jumlah Distribusi Bantuan Sarana Kebun Bibit Rumput Laut sebanyak 43 Paket, dan jumlah Distribusi Bantuan Sarana Budidaya Sistem Bioflok sebanyak 23 Paket, paparnya.

Untuk itu, melalui peringatan Harkanas ke-10 tahun 2023 ini, BPBL Ambon siap untuk mewujudkan setiap program dan kebijakan KKP khususnya dalam upaya mewujudkan program “Ikan Untuk Generasi Emas” sesuai tema peringatan Harkanas tahun ini, tandas Sarwono.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X