Dam Wae Ela Kembali Meluap

 

Ambon,Ambontoday.com-Air sungai Waela Ela kembali meluap setelah guyuran hujan deras mulai minggu 11/7/2021 sampai malam hari tadi.

Menurut Abdillah Mahulauw, anggota Tagana provinsi Maluku, yang juga warga Negeri negeri Lima, saat di konfirmasi melalui via Telpon pada selasa 13/7/2021 mengatakan bahwa ,Volume air Dam Wai Ela, Minggu(11/7) malam sampai saat ini ,lebih besar dari perkiraan warga negeri Negeri Lima, kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku tengah, di sebabkan derasnya hujan yang tak kunjung berhenti hingga hari ini, Senin 12 juli sampai dengan hari selasa 13 juli 2021 malam

Menurut Abdillah Mahulauw, anggota Tagana provinsi Maluku, yang juga warga Negeri negeri Lima, luasnya wilayah yang di aliri, di luar perkiraan masyarakat negeri Lima.

“wilayah yang di aliri air dan debit air itu di luar perkiraan, bahkan wilayah yang kami pikir tidak mungkin di jangkau, malah bisa terendam air.” Kata Mahulauw.

Menurut Mahulauw, Dam Wai Ela belum di temukan titik batas zona merahnya. Sehingga pembangunan talud pun belum bisa permanen, karena masih dalam pantauan beberapa tahun ini.

“Air ini meluap karena perlindungan yang di buat bersifat sementara,seharusnya talud sudah harus di buat, tapi area jangkauan air belum di ketahui dengan pasti, maka pembatas air masih bersifat sementara.” Lanjutnya.

Saat di tanyakan media ini mengenai selokan-selokan yang sudah di bangun, apakah berfungsi dengan baik dalam meminimalisir meluapnya air. Mahulauw menjelaskan bahwa, selokan-selokan itu tidak berfungsi sama sekali, karena material yang di bawa oleh arus air menutup semua selokan.

“Selokan-selokan yang di bangun tidak berfungsi sama sekali, derasnya aliran air membawa serta material dan menutup lubang selokan. Debit air dan perencanaan selokan tidak sesuai. Akhirnya selokan-selokan itu tidak berfungsi sama sekali.” Jelas Mahulauw.

di smping itu, Aliran air kini sudah jauh sekali dari bawah rel jembatan, yang memang di bangun karena awalnya aliran air tempatnya di bawah jembatan tersebut. Tapi setelah hujan besar Minggu malam, air melewati wilayah yang jauh sekali dari perkiraan.

” Sekarang aliran air tidak lagi di bawah jembatan seperti yang seharusnya, sudah cari jalan sendiri. Mengalir di jalan menuju jembatan. Itu jauh sekali dengan daerah aliran sebelumnya. Mungkin karena timbunan material, menyebabkan air mencari jalan lain.” Katanya lagi

anggota Tagana ini pun menginformsikan, Dari derasnya aliran air Dam Wai Ela Minggu malam, 1 rumah rusak total, dan 8 rumah terdampak.dan hal ini membuat trauma masyarakat negeri lima pasti teringat kembali.

“Jadi derasnya aliran air menyebabkan1 rumah rusak total, dan 8 rumah terdampak.belum lagi, Masyarakat negeri lima belum pulih dari Trauma mereka.” Sambungnya.

“Jika terjadi hujan deras dan lama lagi, pasti sungai akan meluap kembali. Kami mengantisipasinya dengan mengungsi dulu ke lokasi yang aman,”

Mahulauw berharap, pemerintah negeri hingga instansi-instansi terkait bergerak cepat dalam meninjau keadaan ini .(AT-010)

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!