AMBON, Ambontoday.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Ambon mendapat Hibah 3 unit mobil dari PT. Toyota di Jepang. Hal ini diakui oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (Damkar) Kota Ambon Edwin Pattikawa kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (24/7/2018).

Menurutnya, dari 3 unit mobil tersebut baru 1 unit mobil yang didapat dan 2 unit mobilnya masih dalam proses. “Mungkin akhir tahun ini kita bisa mendapat hibah 2 mobil sisanya dimana 1 mobil pemadam dan 1 mobil ambulans,” akuinya.

Ia mengatakan, sebelum mendapat hibaan sisa mobiul tersebut, pihaknya akan mepersiapkan pasukannya untuk melakukan pelatihan karena kapasitas mobil yang hendak didapat adalah canggih. “Kami akan mempersiapakan pelatihan bagi anak-anak dulu karena kapasitas mobil dikatakan canggih,” tuturnya.

Disisi lain, terakait dengan kebakaran merupakan sebuah resiko yang entah hujan ataupun panas bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, dibutuhkan kepedulian dan kesadaran masyarakat yang tinggi terhadap keselamatan.

“Sering kita menghimbau untuk masyarakat memproteksi terhadap alat-alat kebakaran seperti alat tabung ringan dengan resiko yang sangat tinggi terlihat dari bangunan yang diisi dengan fasilitas yang tidak begitu memadai,” terangnya.

Ia mengakui, pemadam kebakaran merupakan sebuah solusi yang terakhir, jadi mestinya masyarakat sendiri yang harus menjaga tempat tinggal, lingkungan masing-masing. “Pemadam kebakaran ini prinsipnya hanya membantu saat situasi tidak dapat terkendali baru pemadam kebakaran itu lakukan sistem penangulangan,” paparnya.

Untuk itu, Ia berharap, dengan himbaun yang pihaknya telah sampaiakan kepada masyarakat melalui peraturan daerah kota Ambon tentang restribusi jangan dilihat pembayarannya, tapi yang dilihat adalah pemberlakuan proteksi dini untuk menjaga keselamatan jiwa, harta benda dari kejadian kebakaran tersebut.

“Perda Kota Ambon yang telah disampaikan lewat himbauan kepada masyarakat dapat digunakan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran serta penyelematan jiwa, harta benda sejak dini,” harapnya.

Lanjutnya, hibah mobil tersebut memiliki kemampuan mengunakan fum guna mengkondisikan kebakaran seperti minyak, dan mobil tersebutlebih efisien dan efektif dari menggunakan air saja, karena meerupakan potensi kebakaran yang tinggi.

“Kota Ambon membutuhkan mobil pemadam seperti itu, karena dapat dilihat pompa bensin yang begitu banyak di Ambon sangat memicu terjadinya kebakaran, dan bukan pada pompa bensinya tapi pada mobil yang memuat bahan bakarnya,” jelasnya.

Selain itu, mobil ambulans yang memiliki kemampuan cukup baik dalam melakukan oprasi kecil yang kini dimiliki pemadam kebakaran Kota Ambon. “Mobil ambulans ini akan di buat plening kedepan agar dapat membantu korban kebakaran, karena dapat dilihat mobil ambulans jika dibutuhkan mungkin akan lama untuk sampai ke TKP, karena itu kami akan siapkan mobil ambulans
khusus untuk memfasilitasi dan membantu korban tersebut,” tandasnya. (AT-009)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Print Friendly, PDF & Email
Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!