DiKbud Provinsi Maluku Laksanakan Workshop Guru Sejarah SMA/SMK Promal DiKbud Provinsi Maluku Laksanakan Workshop Guru Sejarah SMA/SMK Promal DiKbud Provinsi Maluku Laksanakan Workshop Guru Sejarah SMA/SMK Promal

Ambontoday.com, Ambon – Dinas Pendidilam dam Kebudayaan Provinsi Maluku bertempat di Aula Manise Hotel Rabu (28/9) melaksanakan Wokshop Guru Sejarah SMA/SMK Provinsi Maluku tahun 2016. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Saleh Thio yang diwakili oleh Kepala Bidang Budaya, Seni dan Nilau Sejarah Darwin J Lawalatta S.Sos M.Si membuka pelaksanaan Workshop tersebut.
Dalam sambutannya Thio menjelaskan kalau sejarah adalah peristiwa yang terjadi di masa Lampau dan merupakan suatu peristiwa yang dianggap penting dan ditulis oleh penulis sejrah untuk mencari kebenaran> sejarah juga merupakan masa lalu kebudayaan masyarakat Maluku yang perlu dilandasi pada fakta-fakta yang menggambarkan interaksi-interaksi antara manusia dengan dinamikanya dalam bingkai romantisasi tertentu, yang pada dasarnya masyarakay memerlukan pemahaman sejarah beserta nilai-nilainya yang didasarkan pada fakta sejarah.
Ia menambahkan kalau sejarah kebudayaan memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan pemahaman dan kesadaran nilai-nilai kearifan local. Kesadaran akan sejarah kebudayaan menurut thio dianggap sebagai usaha mewariskan nilai-nilai berharga dari generasi yang hidup dimasa lalu untuk diteruskan bagi generasi berikutnya.

Untuk itu menurutnya kegiatan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan dikalangan pendidikan agar dapat memahami jati diri sebagai masyarakat yang memiliki sejarah kebudayaan local yang ada di provinsi Maluku. Lewat kesempatan ini Thio mengajak seluruh Guru sejarah dan para peserta setelah kembali ke daerah-daerahnya agar dapat meneruskan ke rekan-rekan guru sejarah di Kabupaten Kota Masing-masing.
Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia menjelaskan kalau pelaksanaan Workshop ii didasarkan atas peraturan Mendagridan mendikbud RInomor 40 dan 42 tahun 2009 tentang pedoman pelestarian Budaya, peraturan Menteri P dan K RI nomor 106 tahun 3015 tentang warisan budaya , keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku nomor 423.3/465/2016 tanggal 23 Agustus 2016.
Sementara tujuan pelaksanaan Workshop ini sebagai Implementasi Kurikulum 2015, menyamakan presepsi dari Guru Sejarah yang ada di Maluku, menama,kam pengetahuan dan nilai-nilai yang benar menyangkut proses sejarah masyarakat Maluku serta menghasilkan sebuah produk berupa muatan local sejarah budaya bagi siswa SMA/SMK. (AT.007)

Jadilah Orang Pertama share:
author