Dikunjungi Tim Dinas DPPKB, Kampung KB Ghanemo – Goga Diharapkan Jadi Percontohan Kota Ambon

Ambontoday.com. Ambon.– Keberadaan Kampung KB di beberapa wilayah yang ada di Kota Ambon saat ini mulai mendapat perhatian dari berbagai pihak. Pasalnya, sejak program ini mulai digagas oleh pemerintahan Jokowi, belum banyak yang mengerti pentingnya program ini.

Banyak yang beranggapan, program Kampung KB ini hanya bertujuan untuk bagaimana membina atau mengarahkan keluarga keluarga agar ikut menerapkan KB dalam keluarga dengan 2 anak cukup.

Namun sebenarnya, keberadaan Kampung KB di tengah satu wilayah atau Desa sangat dominan pada peningkatan taraf hidup masyarakat di berabagai bidang, teramsuk peningkatan kesejahteraan keluarga atau masyarakat dalam kawasan Kampung KB itu sendiri.

Seiring berjalannya waktu, peran dan fungsi Kampung KB di beberapa wilayah di Kota Ambon mulai menampakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar. Tak heran jika saat ini banyak permintaan berdatangan untuk meminta Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon untuk membentuk Kampung KB di beberapa wilayah di Ambon.

Banyakanya permintaan yang datang untuk membentuk Kampung KB di beberapa Kelurahan di Kota Ambon ini disampaikan Kepala Bidang KS, F. Latuheru, SP dan Kepala Bidang KB P. Noya, SE, Dinas DPPKB Kota Ambon saat bertatap muka dengan Pengurus Pokja Kampung KB Ghanemo – Goga dalam rangka monitoring perkembangan Kampung KB di Kota Ambon, Senin 4 Maret 2019, bertempat di Gedung serbaguna Sektor Imanuel Batu Gantung Goga.

Menurut Latuheru, perkembangan Kampung KB di beberapa Wilayah di Kota Ambon saat ini mengalami kemajuan yang sangat signifikan, banyak program program nyata yang dijalankan oleh Kampung KB mendatangkan dampak yang positif bagi masyarakat setempat walaupun belum maximal, termasuk didalamnya Kampung KB Ghanemo – Goga yang awalnya bernama Kampung KB. RW.001 Kelurahan Kudamati.

Dirinya meminta Pokja Kampung KB Ghanemo – Goga agar lebih giat dan maximal dalam menjalankan program program kerja yang sudah dirumuskan bersama di dalam rapat Pokja.

Sementara itu, Kabid KB, P. Noya pada kesempatan itu menyampaikan, progress perkembangan Kampung KB Ghanemo – Goga sepanjang pengamatan Dinas DPPKB selama ini menunjukan kemajuan yang sangat berarti walaupun baru dibentuk pada tahun 2018 lalu.

Dirinya menjelaskan, dalam waktu dekat nanti, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy berencana untuk mengunjungi Kampung KB yang ada di wilayah kota Ambon guna melihat secara langsung dampak keberadaan program Kampung KB di masing masing wilayah termasuk  Kampung KB Ghanemo – Goga.

Dirinya berharap, program kerja yang sudah dirumuskan oleh Pokja Kampung KB Ghanemo – Goga ini bisa lebih focus dalam target pelaksanaan seperti beberapa kegiatan yang sudah berjalan.

“Program Kerja yang sudah dirumuskan untuk nantinya dilaksanakan oleh Pokja Kampung KB Ghanemo – Goga ini harus lebih focus pada waktu pelaksanaan sehingga bisa memenuhi target. Dari pantauan kami sudah ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pokja Kampung KB di sini. Dan itu sangat baik sekali sehingga untuk kegiatan kegiatan berikutnya harus lebih focus dalam waktu pelaksanaan.

Jika semua kegiatan ini sebagian besar dapat berjalan dalam waktu dekat, bukan tidak mungkin Kampung KB Ghanemo – Goga goga bisa masuk dalam salah satu kandidat calon Kampung KB Percontohan untuk wilayah Kota Ambon,” papar Noya.

Usai memberikan arahan kepada Pokja Kampung KB Ghanemo – Goga, tim dari Dinas DPPKB Kota Ambon berkesempatan melakukan dialog dengan Pokja Kampung KB Ghanemo – Goga seputar perkembangan dan rencana program kerja yang akan dilaksanakan.

Usai berdialog, Tim dari Dinas DPPKB berkesempatan menyerahkan bantuan Kinder Kid kepada Pokja Kampung KB Ghanemo – Goga berupa buku panduan, 1 unit Laptop dan 1 unit in focus. Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat bagi kegiatan kegiatan di dalam Pokja Kampung KB kedepan. AT008

Jadilah Orang Pertama share:
author