15 July 2024
Ekonomi Kab.BurSel

Dinas Koperasi Bursel akan Launching Website Produk UMKM Bursel

Ambontoday.com – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan melanching kanal digital pemasaran berupa website produk UMKM Buru Selatan.

Dimas Koperasi dan UMK Buru Selatan menggelar Program Pendampingan Legalitas Produk, Ketrampilan Pemasaran dan Akses Pasar kepada 30 pelaku usaha di Kota Namrole Buru Selatan, Senin 12/6/2023.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Buru Selatan Rahmat Dasuki membuka kegiatan tersebut, dalam arahannya mengatakan, Program Pendampingan Legalitas Produk , Ketrampilan Pemasaran dan Akses Pasar yang dilaksanakan oleh pihaknya untuk mendorong UMKM di Buru Selatan untuk naik kelas.

“Termasuk dalam kategori hasil produk siap saji, maupun kualitas kemasan dan kanal pemasaran digital yang baik,” ujar Kadis.

Dasuki mengatakan, tantangan utama yang dihadapi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buru Selatan dalam melaksanakan peningkatan kualitas UMKM.

“Adapun kondisi di pelaku usaha itu sendiri saat ini masih perlu mendapatkan dukungan dalam pendampingan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Dikatakan lanjut, seperti pada konsep triple bottom line. Jelasnya, kegiatan pendampingan pelaku usaha mikro perlu memadukan aspek sosial, lingkungan, dan pertumbuhan ekonomi.

Dasuki berharap kegiatan ini dapat memberikan pendampingan pengembangan usaha yang lengkap dan komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan pengembangan usaha yang dihadapi UMKM di Kabupaten Buru Selatan.

“Dalam pelaksanaannya, program ini diselenggarakan dalam bentuk kerjasama antara FOKUS UMKM dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buru Selatan Provinsi Maluku,” jelas Dasuki.

Dikatakan lanjut, hadirnya 30 Pelaku Usaha Mikro berasal dari berbagai kategori usaha, terdiri dari olahan makanan, olahan minuman, perikanan dan pertanian.

“Keseriusan pelaku usaha mengikuti kegiatan selama dua hari ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas usaha dan produk UMKM Buru Selatan,” harap Dasuki.

Baca Juga  Kepala Basarnas Ambon resmi Berganti

Masih jelas Kadis, Dinas Koperasi dan UKM Buru Selatan, selain menfasilitasi peserta dalam pelatihan pendampingan juga menyiapkan kanal digital pemasaran berupa website produk UMKM Buru Selatan yang akan di launching.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini didampingi oleh Direktur Eksekutif FOKUS UMKM (pendamping), Ari Prabowo, memberikan pendampingan selama dua hari mengenai manajemen usaha kecil.

Prabowo dalam arahannya menjelaskan tentang cara pemasaran on-line melalui media sosial, pembuatan rencana bisnis dan company profile, menghitung Harga Pokok Produksi dan strategi menetapkan harga, menyusun laporan keuangan, perbaikan kemasan label dan stiker, foto produk dan pembuatan logo, optimalisasi media sosial dan marketplace. (Biro BurseL)

 

Spread the love
X