13 June 2024
Kab.BurSel

Dinkes Bursel Gelar Pelatihan Petugas PKP

Ambontoday – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Buru Selatan menggelar Pelatihan Petugas Pengawasan Pangan, Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) kepada petugas Puskesmas di Enam Kecamatan Kabupaten Buru Selatan, Selasa (27/7).

Kepada media ini di Namrole, Kadis Kesehatan PPKB, Ibrahim Banda mengatakan, pelatihan petugas pengawasan pangan dianggarkan bersumber dari DAK non fisik yang peruntukannya untuk pemulihan ekonomi.

“Tetapi lebih diarahkan kepada para petugas puskesmas yang dibekali dengan ilmu tentang keamanan pangan.Jadi mereka dipersiapkan untuk menjadi penyuluh,” jelas Banda.

Banda berharap UMKM di Kabupaten Buru Selatan yang berskala micro, skala home industri aman.

Dikatakan Banda, banyak potensi-potensi di sana (desa), tetapi bagaimana dengan keamanan pangan itu sendiri. Produksi-produksi pangan itu seperti apa, maka harus ada pengawasan.

“Petugas puskesmas dilatih oleh pemateri dari provinsi memberikan pengetahuan tentang pengawasan pangan yang diproduksi oleh masyarakat,” jelas Banda.

Kembali Banda berharap dari pelatihan ini para petugas Puskesmas di 6 kecamatan melaksanakan pengawasan terhadap industri keluarga aman pangannya.

“Pelatihan ini baru pertama kali dilakukan. Di masa pandemic saat ini, mungkin bisa meningkatkan pemulihan ekonomi,” pungkasnya.

Sebutnya lagi bahwa, anggaran kegiatan pelatihan ini dialokasikan dari DAK BPOM Ambon.

“Pematerinya dari Balai Latihan Kesehatan Masyarakat Ambon, sumber dananya berasal dari BPOM Ambon,” ujar Banda. (Biro Bursel)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X