Ambontoday.Com – Dinas Kesehatan Provinsi Maluku (Dinkes Promal) menggelar kegiatan orientasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kabupaten Buru Selatan berlangsung di Gedung Serbaguna Desa Kamlanglale, Namrole, Kamis (2 sd 4/12).

Sosialisasi tersebut di ikuti oleh 28 peserta yang terdiri dari PKK, Dinkes Bursel, Babinsa, tokoh masyarakat, staf puskesmas Namrole, Waemsisi dan Leksula serta masyarakat sekitar.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga pada Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Shirley Pinontoan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan pada masyarakat agar berperilaku sehat, tidak buang air besar (BAB) sembarangan, cuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan, buang sampah pada tempatnya, dan mengelola limba cair rumah tangga dengan baik dan benar demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

“Jika keluarga sudah hidup berperilaku sehat, bersih sesuai kelima pilar yang diharapkan, maka linkungan yang aman, nyaman dan sehat dapat tercipta. Namun sampai saat ini, relaisasi kelima pilar dilakukan secara bertahap,” jelas Pinontoan.

Dikatakan, kendala yang dihadapi pihaknya saat ini oleh tim sanitasi adalah kondisi geografis perjalanan di beberapa desa yang cukup sulit untuk dihadapi. Tetapi dirinya memberikan apresiasi karena tingkat sanitasi di Kabupaten Buru Selatan cukup baik.

Kegiatan ini kata Pinontoan, berlangsung selama tiga hari dari tanggal 2-4 Desember dengan menetapkan dua jenis kegiatan, yaitu kegiatan di dalam ruangan dimana peserta diberikan pembekalan oleh narasumber dan kegiatan praktek di lapangan

Pinontoan mengutarakan, berdasarkan data Provinsi tentang tingkat air bersih di Kabupaten Buru Selatan cukup namun Pemeriksaan kualitas Air harus dilakukan IKL (inspeksi Kesehatan Lingkungan ) dan Pengambilan sampel untuk diuji Kualitasnya (Biro BurseL).

.