Kab.SBB

Discourse Analyses Arti Sebuah Nama Ganjar, Muhaimin, Prabowo, Mafud, Gibran dan Anies

Oleh : Piter Titirloloby, S.Pd., M.Pd

Akademisi Universitas Lelemuku Saumlaki “UNLESA”

Saumlaki, ambontoday.com – Setiap orang memberikan nama kepada anaknya dengan harapan nama itu akan memberikan nuansa kebaikan. Namun, nama memiliki arti tersendiri bagi setiap orang. Filosofis, nama memiliki dua aspek, yaitu sense dan reference. Sense adalah ide atau konsep yang direpresentasikan oleh nama, sedangkan reference adalah objek atau orang yang direferensikan oleh nama tersebut.Menurut Martin Heidegger ,nama bukan hanya sekadar label yang kita berikan pada sesuatu, tetapi merupakan bagian penting dari pemahaman kita tentang dunia. Nama mengungkapkan esensi dari sesuatu dan membantu kita memahami tempatnya di dunia.Gottlob Frege juga menulis tentang makna nama. Menurutnya, nama memiliki sense dan reference. Sense adalah ide atau konsep yang direpresentasikan oleh nama, sedangkan reference adalah objek atau orang yang direferensikan oleh nama tersebut.Dalam konteks epistemologi, nama juga memiliki peran penting. Nama membantu kita memahami dunia dan memberikan identitas pada objek atau orang yang direferensikan oleh nama tersebut. Nama juga membantu kita membangun pengetahuan tentang dunia dan memperluas pemahaman kita tentang realitas, nama memiliki makna filosofis yang kompleks dan multifaset.
Piter Titirloloby, Akademisi Universitas Lelemuku Saumlaki. Dalam setiap perhelatan diskusi di ruang publik tidak banyak dari pejabat publik yang berani menceriterakan tentang arti nama mereka. Mengapa? Apakah mereka tahu arti nama mereka sebagai sense dan reference?
Dalam discourse analyses ini untuk mengenal beberapa nama untuk mendalami nama dengan arti yang sangat luar biasa dalam konteks discourse analyses. Untuk arti nama tersebut diambil dari media eletronik sehingga lebih mempermuda pembaca untuk mencari kebenaran referensi nama yang digunakan.Dalam discourse ini tidak mengarah pada personal tertentu dan bagi yang memiliki nama yang sama mungkin dapat sedikit memperkaya wahana pengetahuan kita.
Ganjar memiliki arti Kesedihan dan menyempurnakan kekurangan; nama ini memiliki karakter peduli,tersentuh dengan orang lain dalam memutuskan kebijakan dan tidak bisa melakukan keputusan yang menyakiti dan bertentangan dengan nilai-nilai budaya dan norma yang berlaku dalam lingkungan Masyarakat. Lebih baik dikorbankan dan ditinggalkan sendiri dalam keputusan kebaikan orang lain daripada mendapatkan kesempurnaan di tengah-tengah banyak orang merasa sedih. Ganjar merupakan nama dengan pemaknaan yang mendalam tentang inner beauty manusia.
Muhaimin penjaga serta mulia, sikap konsistensi untuk mengayomi mereka yang dianggap lemah dan menjadikan mereka sebagai bagian yang tidak terlepas pisahkan dari dirinya. Menjaga dan memastikan yang dijaga mengalami situasi aman, nyaman, sejahtera dan terlindungi dalam segalah kondisi. Melayani dengan hati untuk menjaga diri dan berpedoman pada nilai religi yang tinggi. Meyakini bahwa sesungguhnya banyak orang perlu mendapatkan posisi yang ideal dan mulai dalam segalah situasi.
Prabowo berarti ia berbakat, cerdas, dan sangat kreatif. Nama ini mencirikan orang yang selalu berpikir untuk menampilkan terobosan baru dengan Langkah cerdas bagi kemajuan banyak orang dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dikelolah dengan cara yang kreatif untuk mendapatkan inovasi baru dan terbarukan.
Mahfud dengan arti terjaga, terpelihara; integritas dan value mengakar kuat, berlindung dalam kebenaran dan sulit di olok-olok dengan rayuan.berpikir realistis dan rasional untuk menjaga diri dalam setiap tantangan yang mengarah pada hal negative. Karakter nama ini begitu kuat untuk memelihara hubungan bersama orang lain. Masyarakat akan terus terjaga hak-hak mereka dalam pandangan kebijakan yang dihasilkan. Tidak segan-segan untuk menjaga kepercayaan banyak orang maka unsur ‘’terpelihara’’ bisa jadi mengorbankan pribadi dan memelihara kepentingan banyak orang.
Gibran berarti cerdas serta dermawan, kemampuan intelektual yang tinggi untuk menciptakan peluang dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan lebih banyak merumuskan kebijakan yang mengakomodir nilai-nilai serta melindungi Masyarakat kecil.Kepeduliannya bersandar pada kepentingan Masyarakat kecil.Memberikan terobosan baru bagi kepentingan Masyarakat. Kebutuhan dan kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan menjadi tolak ukur kepuasan baginya walaupun bertentangan dengan kondisi realitas dan konteks secara universal.
Anies memiliki arti percaya diri. Karakter nama ini cenderung memimpin dengan berwibawa dan selalu mencari petualangan. Setiap hal baru dalam kepemimpinanya akan menjadi bagian dari petualangan. Mencapai puncak bukan menjadi keharusan tetapi proses yang memuaskan akan lebih meyakinkan fakta dari petualangan yang didasarkan pada kepercayaan diri tersebut. Optimisme menjadi keyakinan mendasar yang tidak bisa taklukan dalam konteks tertentu sebelum berproses dan merasakan sendiri dengan mempertajam keyakinan kepada sang pemberi hidup bahwa setiap proses yang dilakukan hanya dapat dilakukan dengan menyadari potensi diri dan meyakini penyertaan langit dari proses yang pernah dilewati.
Semua nama diatas memiliki unsur kebaikan yang sangat luar biasa begitu hebat orang tua kita dalam memberikan nama bagi masing-masing kita. Dalam dikursus inipun saya mengurutkan arti nama mereka berdasarkan makna yang bersifat fundamental.
Akhirnya dari ke enam nama yang di diskursuskan maka disimulasikan untuk dipasangkan mereka agar saling memberikan penguatan dalam konteks discourse analyses karena setiap nama memiliki potensi arti dan kebaikan apalagi kalau dipasangkan secara paralel dan non paralel dengan tujuan untuk menemukan sense dan reference masing-masing:
Ganjar dan Gibran analiskan cocok berpasangan disadarkan pada indicator kepedulian dan dermawan sehingga pasangan ini benar-benar menentukan arah mereka untuk mengedepankan pelayanan terhadap Masyarakat paling ekonomi paling bawah dengan segalah upayah.

Baca Juga  Tak Paham Aturan Pemerintahan Desa, Penjabat Desa Tumalehu Barat Lawan Surat Edaran Mendagri

Prabowo dan Anis merupakan pasangan dengan komplexitas potensi yang besar ketika digabung tentu akan sangat berpotensi. Potensinya adalah bakat,kreatif dan percaya diri. Percaya diri dengan bakat yang dimiliki untuk menghasilkan kreatifitas bagi banyak orang. Mereka berpotensi melakukan terobosan baru.

Mafud dan Muhaimin dalam diskursus ini mereka merupakan bagian akan sangat kokoh untuk mempertahankan nilai-nilai dan kepercayaan banyak orang dengan karakter penjaga,mulia, terjaga dan terpeliahara. Kepentingan banyak orang akan terjaga dengan baik dan mengambil keputusan-keputusan yang menjamin kenyamanan dan kesejahteraan orang banyak.
Lanjutnya,bagaimana diskursusnya ketika ke 6 nama tersebut dipasangkan secara non paralel dari arti nama tersebut:
Ganjar dan Mafud ketika dipasangkan maka akan sangat menghasilkan energi bagi kemajuan banyak orang terkhusus Masyarakat kecil keduanya memiliki nama dengan arti nyaris sama yakni menyempurnakan kekurangan terjaga, terpelihara. Ganjar menyempurnakan kekurangan banyak orang dan mafud menjaga serta memelihara kepercayaan banyak orang dengan integritas dan kemampuan pertahanan baik motorik dan intelektual yang dimiliki.

Prabowo dan Gibran berpotensi untuk mengelolah SDA dengan kreatif melalui bakat yang dimiliki dan menyalurkan hasil dari pengelolaan SDA bagi banyak orang sesuai penggunaannya dan menjadi bagian yang tidak menjauhkan diri dari banyak dikarenakan dermawan dan peduli.

Anies dan Muhaimin keyakinan dan kepastian untuk menjaga kepercayaan Masyarakat dengan melakukan terobosan untuk kebutuhan Masyarakat. Menjalankan tugas dengan pemaknaan nilai-nilai kemanusiaan dan menginginkan setiap orang merasakan hal baru yang menjamin kesejahteraan dan petualangan baru dalam kebijakan yang mungkin belum pernah ada sebelumnya.
Jadikan namamu sebagai sense dan reference. Nantikan discourse analyses berikutnya.Dirinya berharap semoga discourse analyses yang disampaikan dapat bermanfaat untuk menghasilkan kebaikan bagi banyak orang.

    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X