Ditengah Pandemi Covid-19, BMW Pacu Minat Anak Dalam Lomba Bertutur Online di Maluku

Ambon, Ambontoday.com – Menghadapi pekatnya dunia dalam masa pandemi Covid-19, seorang tokoh masyarakat yang sering disapa Bung Michael Wattimena menyentuh sanubari anak-anak di Maluku dengan melaksanakan lomba bertutur online. “Kondisi Pandemi yang melanda dunia termasuk Provinsi Maluku yang kita cintai adalah “moment special” yang harus kita terima karena tak dapat kita hindari,” Kata BWM kepada media di Ambon, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, ketika semua aspek kehidupan manusia terdampak pandemi Covid-19, sebagai orang dewasa dengan berbagai kemudahan akses informasi saat ini, kita akan lebih bijaksana melakukan setiap aktivitas yang diupayakan oleh pemerintah daerah dengan berbagai elemen guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Maluku. “Penyebaran Covid-19 dapat berlalu dengan kita selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan kita setiap hari,” katanya.
Hal yang berbeda terjadi pada anak, dimana mereka selalu membutuhkan bimbingan dan penjelasan atas informasi secara nyata yang terjadi disekeliling.
“Ditengah situasi pandemi ini, dan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2020 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” maka sebagai bagian dari masyarakat Maluku Saya merasa bertanggung jawab untuk melihat kebutuhan anak sebagai generasi emas Maluku yang perlu dijaga,” tuturnya.
Oleh sebab itu, Ia berkata, selain ikut berkontribusi membantu pemerintah daerah di Maluku dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat, alat kesehatan yakni ventilator kepada gugus tugas covid Prvinsi Maluku. Kali ini, saya terpanggil untuk melakukan aksi perlindungan anak ditengah situasi covid 19 ini dengan kegiatan lomba yang menarik minat anak-anak.
“Karena itu bekerja sama dengan komunitas orang muda “Manise Club’ dengan tagline Bersama Melayani Generasi, Saya menggelar kegiatan Lomba Bertutur Online atau bercerita yang merupakan tradisi orang Maluku dalam menyampaikan informasi kepada publik sekaligus bagian dari pelestarian budaya masyarakat Maluku,” ucapnya.
Ia menyebutkan, kegiatan ini merupakan upaya atas perlindungan anak dengan memberikan pengetahuan untuk diimplementasikan oleh anak dalam aktivitas ditengah pandemi Covid-19.
“Sebagai komunitas Pemuda yang focus pada kegiatan Pelayanan Generasi ini sangat mengapresiasinya, karena ini adalah bentuk pelayanan yang kita verokan kepada anak,” tambah Koordinator Manise Club Jimmy G. Sitanala.
Ia mengakui, hal ini dapat memberikan ruang kepada anak untuk berkreasi, memperkenalkan diri sekaligus melindungi anak ditengan pandemi Covid-19.
“Dengan Lomba Bertutur Online, anak-anak di Maluku dapat memberikan ruang bimbingan bagi orang dewasa menjawab polemik pendemi ini bagi seluruh anak,” tandasnya. (AT-009)
author