12 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Ekonomi Kab.KKT

DKP Maluku Salurkan Bantuan Peket Budidaya Rumput Laut di Desa Otemer

Ambontoday.com, Ambon.- Penyaluran Paket Bantuan Budidaya Rumput dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku mulai dibagikan kepada masyarakat penerima bantuan di sejumlah daerah yang menjadi sasaran penerima bantuan.

Salah satu diantara wilayah sasaran penerima bantuan yakni di Desa OTEMER, Kecamatan Wermaktian, Kabupaten KKT.

Adapun paket bantuan tersebut berupa Tali, Pelampung kecil dan besar.
Hal ini disampaikan Hofa, salah satu masyarakat penerima bantuan di desa OTEMER kepada media ini melalui sambungan telepone seluler, Sabtu 9 Maret 2024.

Menurutnya, Paket bantuan itu diantar langsung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten KKT dan ditampung seluruhnya di Balai Desa OTEMER.

“Bantuan ini kemarin diantar langsung oleh pegawai dinas kelautan dan perikanan kabupaten kepulauan Tanimbar dan seluruhnya ditampung di Balai Desa.

Hari ini bantuan itu dibagikan kepada para kelompok masyarakat budidaya rumput laut yang ada di desa OTEMER.

Bantuan ini masih berupa sarana atau perlengkapan budidaya berupa Tali, pelampung ukuran kecil maupun besar. Sementara untuk bibit rumput laut belum dibagikan,” jelas Hofa.

Menanggapi keterangan masyarakat penerima bantuan, Kepala Bidang Budidaya Dinas DKP Maluku, Roy Iwamony yang dihubungi media ini melalui telephone seluler menyampaikan, untuk saat ini pihaknya baru menyalurkan bantuan berupa perlengkapan budidaya berupa Tali, pelampung dan lainnya.

“Iya jadi saat ini yang baru disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan itu hanya berupa perlengkapan budidaya berupa Tali, pelampung dan lainnya.

Sementara untuk bibit rumput laut akan disalurkan kemudian setelah masyarakat sudah selesai merangkai perlengkapan budidaya tadi dan siap turun ke lokasi barulah bibit rumput laut itu kami bagikan.

Jadi bibit itu tidak bisa dibagikan sekarang karena nanti rusak mengingat masyarakat membutuhkan waktu untuk merangkai perlengkapan budidaya rumput laut sebelum turun ke lokasi budidaya,” jelas Roy.

Menurutnya, bibit rumput laut yang akan dibagikan nanti adalah bibit unggul, bukan bibit biasa.

Sementara itu, masyarakat penerima bantuan sarana budidaya rumput laut di Desa OTEMER sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan Dinas DKP Maluku.

Mereka bertekad akan memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin untuk peningkatan pendapatan mereka.

Senada dengan masyarakat, Kepala Desa OTEMER, Musa Balak saat dihubungi media ini juga turut mengapresiasi perhatian DKP Maluku dalam memperhatikan warganya yang sebagian besar juga berprofesi sebagai nelayan.

Dirinya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh warga dengan sebaik mungkin guna peningkatan pendapatan mereka.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X