13 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

DKP Maluku Siap Jaga Keberlanjutan Ikan Untuk Generasi Emas

Ambontoday.com, Ambon.- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku, Dr. Ir. Erawan Asikin, M.Si dalam keterangannya terkait peringatan Hari Perikanan Nasional (Harkanas) ke-10 tahun 2023 menyampaikan, tema yang diangkat dalam peringatan Harkanas 2023 ini sangat menarik yakni “Siap Jaga Keberlanjutan Ikan Untuk Generasi Emas.”

Demikian disampaikan Asikin melalui pesan WA yang diterima media ini.

Menurutnya, tema ini sangat menarik karena selain menyangkut konsumsi ikan untuk mewujudkan generasi yang cerdas, sehat, kuat, dan memiliki karakter yang baik dalam mendukung indonesia emas.

“Tema ini juga sangat erat dengan ketersedian dan keberlanjutan ikan di alam serta bagaimana mendapatkannya sebagai bentuk dari konsumsi ikan yang bertanggung jawab atau memilih produk ikan yang bertanggung jawab.

Ini berarti bukan saja kwalitas dan kwantitas yang dikonsumsi tetapi juga tentang dimana ikan itu ditangkap, apa alat tangkapnya, dan bagaimana cara menangkapnya,” jelas Asikin.

Dikatakan, DKP Maluku sejak awal terus berkomitmen mewujudkan tema sentral tersebut, hal ini antara lain terlihat dari tingkat konsumsi ikan yang tinggi diatas rata rata nasional, serta terus memperluas penerapan cara penangkapan dan budidaya ikan yang baik yang menjadi prasyarat kegiatan usaha perikanan.

Selain itu, upaya menjaga keberlanjutan ikan terutama di alam telah dan akan terus dilakukan DKP Maluku melalui pengelolaan sumberdaya ikan dan kawasan konservasi perairan, termasuk melalui kearifan lokal yang selama ini ada dan berkembang di masyarakat Maluku, kata Erawan.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X