DPD IAI Maluku Gelar Konferda, DPP Dukung Anggota Yang Nyaleg

Ambontoday.com, Ambon. DPD Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Maluku, Sabtu 09-02-2019, menggelar Konferensi Daerah dengan tujuan refitalisasi dan reorganisasi serta pemilihan kepengurusan yang baru periode 2019-2023, bertempat di Hotel Amaris Ambon.

Konferda IAI Maluku ini turut dihadiri Ketua DPP IAI Pusat, Drs.Nurulfalah Eddy Pariang, Staf Ahli Gubernur,  Maluku sekaligus membuka secara resmi Konferda IAI, serta sejumlah narasumber dari IAI Pusat.

Kepada Pers, Ketua DPD IAI Maluku, Drs. Benny.J.E.Pattiasina,MM.,MSc.,Apt, yang juga salah satu Caleg DPRD Provinsi Periode 2019-2024 mengatakan, Konferda ini biasa dilakukan setiap 4 tahun sekali guna memilih kepengurusan yang baru.

Selain itu, dalam Konferda ini juga dilakukan seminar dalam rangka meningkatkan kompetensi dari tenaga Apoteker di Maluku, dan yang hadir dalam Konferda kali ini totalnya berjumlah 252 orang dari 11 kabupaten/kota yang ada di Maluku.

“Kompetensi tenaga Apoteker ini sangat perlu dilakukan dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Maluku, khusus dalam bidang farmasi atau obat obatan dan alat kesehatan.

Semua peserta yang hadir ini berasal dari kalangan swasta maupun pemerintah karena memang tenaga apoteker ini tersebar dalam tugasnya masing masing. Ada yang di istansi pemerintah maupun swasta,” jelas Pattiasina.

Dikatakan, kedepan peningkatan kompetensi bagi setiap tenaga Apoteker ini sangat penting karena tidak bisa hanya mengandalkan ijazah semata, untuk berpraktek sebagai Apoteker, ijazah saja tidak cukup, harus memiliki kompetensi dasar sebagai syarat utama.

Seminar dan pelatihan seperti ini memang sangat penting untuk mendapat SKP, karena SKP dipakai untuk registrasi dalam rangka memperoleh izin praktek.

Disinggung soal kesediaan memimpin DPD IAI Maluku 4 tahun mendatang, dirinya tetap bersedia jika itu diinginkan oleh seluruh peserta.

“Intinya saya dibesarkan di kesehatan jadi saya bersedia maju sebagai calon ini dalam rangka memperjuangkan kesehatan di Maluku. karena saya mulai mengabdi di Dinas Kesehatan Maluku sejak awal jadi saya pahami betul kondisi kesehatan yang ada di Maluku,” papar Caleg dari Partai Nasdem ini.

Sementara itu, Ketua DPP IAI, Drs.Nurulfalah Eddy Pariang mengatakan, pengurus pusat mendukung sepeneuhnya jika ada anggota atau pengurus IAI di daerah maupun pusta yang mencalonkan diri sebagai anggota Legislatif.

Menurutnya, dengan keterwakilan tanaga kesehatan khususnya Apoteker di legislative, maka akan memudahkan menitipkan program program kesehatan.

“Kita Ikatan Apoteker Indonesia adalah organisasi profesi independen dan non partisan, tetapi kalau ada kader kader dari anggota yang menjadi calon legislative sepenuhnya kita dukung. Seperti Ketua DPD IAI Maluku Pak Benny yang kali ini juga maju sebagai salah satu Caleg.

Untuk itu saya menghimbau seluruh anggota IAI Maluku bahkan masyarakat untuk turut mendukung niat baik dari pak Benny menjadi anggota legislative,” jelas Pariang.

Dikatakan, kalau dari sisi apoteker, yang saat ini paling dibutuhkan adalah rancangan Undang undang keFarmasian untuk menjamin ketersediaan farmasi sejak dibuat, didistribusikan dan dilayankan kepada masyarakat, paparnya. AT008