DPPKB Kota Ambon Gelar Lokakarya Mini Kampung KB Kecamatan Nusaniwe

Ambontoday.com, Ambon.- Asisten II Kota Ambon, Roby Siloy membuka secara resmi kegiatan Pertemuan Lokakarya Mini Kampung KB Kecamatan Nusaniwe, Rabu 16 September 2020 di gedung PTKI Kudamati.

Kegiatan yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon tersebut juga dihadiri langsung Kepala Dinas DPPKB Kota Ambon, Welly Paty, serta dua pemateri yakni Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy dan Dr. Sri Ananta Widhya (Sekretaris KPA Provinsi Maluku).

Sebelum membuka kegiatan itu, Roby Siloy dalam arahannya menyampaikan, pentingnya membangun kesadaran masyarakat tentang disiplin menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam situasi pandemic Corona saat ini.

Pemerintah kota ambon saat ini tengah memperpanjang PSBB transisi dengan lebih memperketat lagi aturan dan sanksi bagi para pelanggar berupa sanksi social maupun administrasi.

“Saat ini pemerintah kota ambon tengah memperpanjang PSBB transisi dimana aturan diperketat dengan menjatuhkan sanksi kepada para pelanggar, diantaranya sanksi social maupun administrasi berupa denda uang, namun pada kenyataanya masih banyak masyarakat yang belum menyadari serta acuh terhadap anjuran pemerintah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta yang berasal dari 3 kampung KB yang ada di Kecamatan Nusaniwe dapat menjadi kepanjangan tangan pemerintah kota ambon untuk mewujudkan masyarakat sehat, menjadi agen untuk membangun kesadaran masyarakat pentingnya melakukan pola hidup sehat dan bersih,” jelas Siloy.

Dirinya juga menganjurkan kepada peserta dan masyarakat kota ambon agar di tengah sotuasi pandemic Covid 19 dapat memanfaatkan lahan atau pekarangan untuk menanam sayuran hidroponik, mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah serta jangan lupa berolahraga atau dan beraktifitas fisik untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh.

“Di tengah situasi pandemic covid 19 ini, saya ingin mangajak kita semua supaya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayuran hidroponik, mengkonsumsi sayur dan buah serta beraktifitas fisik untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh,

Kota ambon ini kan Kota Music, jadi kalau saudara saudara mau berolah raga tidak perlu melakukan gerakan gerakan seperti lari atau senam dan lainnya, cukup memutar music dan berjoged saja itu sudah melakukan aktifitas fisik yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan imun tubuh, selain itu hati senang dan terbebas dari stress,” paparnya.

Usai pembukaan oleh Asisten II, kegiatan Lokakarya Kampung KB Kecamatan Nusaniwe dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Pencegahan Covid 19 Dalam Keluarga, oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr.Wendy Pelupessy.

Dalam paparnya, Pelupessy mengimbau agar masyarakat lebih serius melaksanakan anjuran pemerintah tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di dalam keluarga serta memakai masker, cuci tangan dan menjaga mejaga jarak.

Usai mendapat materi tentang Covid 19, para peserta Lokakarya kemudian disuguhi materi seputar Kesehatan Reproduksi Remaja dan perkembangan kasus HIV AIDS di Maluku, oleh Sekretaris KPA Provinsi Maluku, dr. Sri Ananta Widhya.

Kegiatan tersebut kemudian ditutup oleh Kepala Dinas DKPPKB Kota Ambon, Welly Patty. Dalam arahannya, Patty meminta pengurus Pokja Kampung KB di Kecamatan Nusaniwe untuk lebih giat dalam melaksanakan program kerja yang sudah disusun serta mempersiapkan diri untuk menghadapi lomba Kampung KB tahun 2021 nanti.

Sebelumnya, dalam kesempatan itu juga diserhakan paket bantuan dari DPPKB Kota Ambon kepada ketiga Pokja Kampung KB Nusaniwe, masing-masing Kampung KB Laweru Desa Urimessing, Kampung KB Ghanemo-Goga (Kel.Kudamati) dan Kampung KB Kelurahan Benteng. (AT008)

author