23 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Ekonomi Kota Ambon

DPRD dan Pemkot Berharap Nilai Kontrak Lahan Dinaikkan PT. Pelindo

AMBON, Ambontoday.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perhubungan berharap nilai kontrak lahan yang disewa oleh PT. Pelindo Cabang Ambon bisa dinaikkan.

“Komisi III mengagendakan pertemuan dengan PT. Pelindo dan Dinas Perhubungan dan atas prakarsa Dinas Perhubungan telah dilaksanakan,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Jhony Wattimena kepada media di ruangan Media Center DPRD Kota Ambon, Kamis (25/2/2021).

Menurutnya, Kontrak itu sudah dilakukan sejak 2 tahun kemarin dengan nilai kontrak Rp. 720 juta per tahun. Kami berinisiatif bersama dengan dinas perhubungan untuk melakukan negosiasi dengan Pelindo untuk kontrak tahun 2021 dinaikan nilai kontraknya.

“Dari catatan yang disepakati dalam pertemuan bersama yakni akan dibentuk tim bersama dengan kajian dari Pemkot bersama dishub dan Pt. Pelindo untuk melakukan perhitungan sesuai regulasi yang berlaku terkait dengan sewa lahan untuk penggunaan kontenar,” paparnya.

Ia mengakui, selama ini karena konstruksi lahan yang disewakan PT. Pelindo belum sesuai sehingga yang baru dimasukan adalah kontenar kosong.

“Kami berharap dengan diperpanjang kontrak akan dilakukan rehabilitasi struktur lahan Pelindo sehingga kedepannya bisa ditempati atau dimanfaatkan untuk kontenar penuh.
Kalau itu sudah dipergunakan bagi kontenar penuh itu berarti nilai kontrak akan dinaikkan,” jelasnya.

Lanjutnya, General manager PT. Pelindo sepakat untuk melakukan negosiasi terhadap nilai kontrak, dan rehabilitasi konstruksi lahan yang dimiliki oleh Pemkot sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh PT. Pelindo.

Standar soal pengerasan, karena dulu itu timbunan, dan selama ini Pemkot memasang Tapping Blok yang telah diisi oleh kontenar kosong sehingga turun dan bergelombang sehingga diharapkan diperbaiki lahannya.

“Standarisasi pengerasan lahan itu nanti diupayakan ada konsultan independen supaya melakukan kajian dan perhitungan yang sesuai dengan standar Pelindo,” tandasnya. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X