DPRD Dorong Pemkot Ambon Tebang Pohon Sebelum Bencana

AMBON, Ambontoday.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon mendorong Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) untuk menebang pohon sebelum bencana.

“Terkait dengan penebangan pohon yang ada di dalam kota, ini harus segera dilakukan. Kadang- kadang kehadiran pohon-pohon yang begitu besar sangat berdampak pada masyarakat,” kata Anggota Komisi I DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw kepada media ini di Gedung Rakyat, Belakang Soya (Kamis,15/7/2021).

Menurutnya, Damkar mempunyai tugas untuk melakukan penebangan, contohnya di Halong, dan sepanjang Jalan Wolter Monginsidi.

“Dari Halong sampai Latta saya sudah pernah menyampaikan kepada Sekretaris BPBD Kota Ambon dan Pemerintah Negeri Halong Supaya bikin surat ke Damkar agar pohon-pohon tersebut dapat ditebang, dan tidak menunggu sampai timbul bencana,” tandasnya singkat.

Lanjutnya, Pemerintah Kota Ambon sudah harus memiliki catatan wilayah mana saja secara topografi paling sangat kritis bencana. “Harus ada koordinasi sampai ke tingkat kecamatan, desa dan negeri supaya seluruh pimpinan bisa memberikan informasi,” jelasnya.

Ia mengakui, yang penting sekarang, harus betul-betul memberikan jaminan dan kepastian kepada warga supaya sekalipun mereka tinggal pada lokasi yang betul-betul tidak mengganggu secara psikologis, serta mereka merasa nyaman karena pemerintah turut melindungi.

“Kalau Penanganan harus dibuat lebih cepat supaya tidak ada keluhan dan sebagainya. Sekarang petugas mereka harus berjalan melakukan identifikasi,” jelasnya. (AT-009)

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!