DUA MANTAN KADER NASDEM MBD DUKUNG MISI PASANGAN KALWEDO SOAL STATUS DUSUN JADI DESA

Tiaku-MBD, ambontoday.com – Tekad pasangan calon bupati dan wakil bupati Nikolas Johan Kilikily-Desianus Orno untuk meningkatkan status dusun jadi desa sebagaimana telah dituangkan dalam visi-misi pasangan Kalwedo mendapat dukung oleh dua kader militan dari partai nasdem yakni, koordinator daerah KKT dan MBD Drs. Semi Letelay M.Si dan Hermanus Lekipera S.Si.

Kepada ambontoday.com ini di Tiakur 29/9 Letelay menegaskan, tekad pasangan kalwedo untuk meningkatkan status dusun menjadi desa telah diwujudkan dalam visi dan misi pasangan Niko-Odie sehingga lewat komitmen itu maka ketika pasangan kalwedo terpilih maka akan menjawab keinginan dan kerinduan masyarakat MBD terkhusus di pulau kisar terangnya.
Menurut mantan anggota DPRD Propinsi Maluku dari partai Nasdem ini, bahwa sesungguhnya keinginan masyarakat dusun yawuru yang merupakan tanah kelahirannya di pulau kisar itu sudah sejak lama diimpikan namun hingga sekarang belum terealisasi sehingga sebagai orang kisar, dirinya sudah bertekad untuk mendukung pasangan kalwedo yang memiliki tujuan dan visi mulia dalam rangka meningkatkan status dusun-dusun di MBD menjadi desa dan itu akan diwujudkan ketika rakyat mempercayakannya kepada pasangan Niko-Odie.
“Kami sudah menyepakatinya di dalam tim setelah dikonsultasikan dengan instansi yang berwenang terkait peningkatan dusun jadi desa dan ini akan dijadikan program prioritas dalam 100 hari kerja pasangan kalwedo ketika terpilih tegas Letelay. Dijelaskan, komitmen pasangan “Kalwedo” terhadap peningkatan status dusun menjadi desa tidak lain bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat terang mantan assisten l bidang pemerintahan setda MBD ini. Dirinya menambahkan, soal urusan adat maka itu ada pada desa induk karena kita juga tidak boleh mengabaikan tatanan adat yang telah digariskan oleh para founding fathers (leluhur) kita. namun lanjut dia bahwa, yang diinginkan masyarakat adalah soal peningkatan status dusun menjadi desa dan ini murni urusan pemerintahan sehingga urusan pemerintahan itu ada pada desa masing-maaing dan itu tidak sedikitpun menciderai tatanan adat yang sudah terbentuk sejak dulu.
Pada kesempatan itu Letelay mengimbau kepada saudara-saudaranya yang ada di dusun yawuru untuk bersama-sama berjuang untuk visi besar tersebut karena keinginan dan perjuangan masyarakat dusun yawuru untuk menjadi sebuah desa definif itu sudah sejak lama bahkan, sejak dirinya masih menjabat kabag tata pemerintahan di MTB (saat ini KKT) sudah mengeluarkan sebuah rekomendasi lewat kajian akademis yang sangat fundamental dan baginya dusun yawuru sangat memenuhi syarat plus namun akibat dari kepentingan dan kekuasaan maka keinginan itu belum juga terealisasi hingga saat ini.
Olehnya itu kata Semy, wujud dari komitmen paaangan kalwedo ini nantinya akan dituangkan dalam surat pernyataan bermeterai agar tidak ada tudingan bahwa pasangan”kalwedo” ini sedang berwacana jelasnya.
Sementara itu, kesempatan yang sama Sekretaris DPC Partai Nasdem Kab. MBD Heemanus Lekipera S.Si mengatakan terhitung sejak hari ini (29/9) dirinya secara sah telah bergabung dengan pasangan Nikolas Johan Kilikily-Desianus Orno yang mengusung jargon “Kalwedo”. Alasan dirinya bergabung dengan pasangan kalwedo karena ada dua hal mendasar yang termuat dalam visi dan misi pasangan kalwedo yang mana menurutnya sangat berimplikasi terhadap kesejahteraan rakyat maluku barat daya yakni, peningkatan status dusun jadi desa dan legalisasi sopi ungkapnya. Disebutkan, terhadap kecamatan pulau romang, ada tiga dusun yang sejak awal tahun 2013 telah diwacanakan untuk ditingkatkan statusnya menjadi desa yakni, dusun Rumkuda, oirleli dan kour atuna namun hingga saat ini tudak terealisasi. Padahal lanjut dia bahwa, sesuai amanat Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, maka satu kecamatan harus didukung oleh 5 sampai 7 desa namun hingga kini kecamatan tersebut hanya dimekarkan dengan tiga desa sama halnya dengan kecamatan kisar utara. Oleh karenanya Lekipera bertekad untuk berjuan bersama masyarakat pulau romang untuk memenangkan pasangan kalwedo dalam kontestasi pilkada serentak tanggal 9 desember mendatang.(AT/Jeger)

author