Dukcapil KKT Lakukan Program Saber Jebol di Kecamatan Selaru 

Saumlaki, ambontodey.com – Dinas kependudukan dan pecatatan sipil (Dukcapil) kepulauan tanimbar dengan istilah sapu bersih jemput bola “saber jebol” sebagai program kerja telah berjalan dalam pelayanan administrasi kependudukan masyarakat antar desa – desa se kecamatan selaru kabupaten kepualauan tanimbar (KKT).

Kepala dinas Julius Sumanik saat di temui di balai desa Lingat menuturkan, fungsi dari pelayanan ini guna membantu masyarakat mempermudah pengurusan administrasi dalam bentuk, menggantikan nomenklatur nama kabupaten dari kabupaten maluku tenggara barat ( MTB ) menjadi kabupaten kepulauan tanimbar( KKT ) pada kartu keluarga (KK) serta kartu tanda penduduk (KTP), akte kelahiran dan administrasi kependudukan lainya yang sudah terdaftar pekan kemarin.

“Kami juga melayani warga yang belum pernah mengikuti perekaman, anak yang lahir belum miliki akte kelahiran, Nomor induk ( NIK ) yang salah, warga yang pindah ke Tanimbar belum terdaftar sebagai warga Tanimbar. Pelayanan ini bertujuan bagi masyarakat Selaru agar bisa memiliki dokumen kependudukan yang dapat terpenuhi sesuai kebutuhan atau amanat pemerintah,” ujar Sumanik.

Kemudian dilihat dari sisi ekonomis pemohon atau masyarakat selaru tidak perlu lagi menyeberang pulau guna mengurus administrasinya di ibu kota saumlaki, warga sudah bisa dilayani langsung oleh petugas pelayanan yang turun langsung ke setiap desa – desa sehingga warga tidak lagi mengeluarkan biaya.

Giat ini dilakukan se kabupaten hanya dua kecamatan masih tertinggal belum dilayani berhubung kondisi iklim yaitu kecamatan Wuarlabobar dan kecamatan Molu Maru 

Dikatakan juga, warga Selaru ini benar – benar punya kepedulian yang tinggi demi memiliki dokumen sehingga terlihat jelas antusias warga ramai pada saat pelayanan berjalan di setiap balai desa di mana pelayanan berlangsung, pelayanan saber jebol ini dimulai dari desa Eliasa hingga berakhir di tnyafar desa Adaut. (AT/Sony).

Print Friendly, PDF & Email
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!