Efisiensi Waktu dan Biaya, Pemprov Maluku Akan Tempatkan Fasilitas Teleconference di Kabupaten/Kota

AMBON, ambontoday.com – Pemerintah Provinsi Maluku dalam waktu dekat akan menempatkan fasilitas teleconferance di tiap kabupaten/kota di provinsi bertajuk seribu pulau ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan koordinasi antar pemerintahan.

“Kita akan bangun fasilitas teleconference di semua kabupaten/kota. Kita yang siapkan alat teleconferecenya, kabupaten/kota siapkan ruangan dan pelaksana operasional tiap bulannya. Jadi, semua akan memiliki fasilitas ini,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang, saat menjawab pertanyaan wartawan tentang minimnya sarana informasi dan komunikasi di Maluku usai membuka Acara Forum OPD Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Maluku, Kamis (27/2) di Aula Dinas Kominfo.

Dikatakannya, pemasangan peralatan teleconference ini selain untuk memudahkan koordinasi dan mengurangi rentang kendali akibat kondisi geografis Maluku yang berpulau-pulau, juga untuk efisiensi waktu, biaya dan tenaga.

“Misalnya pak gubernur ingin rapat dengan seluruh bupati/walikota, pak gubernur tidak perlu lagi ke sana, cukup dari sini (Ambon). Atau dinas, misalnya dinas pariwisata ya cukup hanya di kantor gubernur saja,” kata Sekda.

Tentunya, kata Sekda, teleconference bisa menjawab rentang kendali, apalagi jika cuaca lagi ekstrem atau buruk di Maluku. Selain efisien dari aspek biaya, waktu dan tenaga, saat melakukan koordinasi dengan efektif, maka hasil yang diperoleh juga lebih optimal.

“Dengan alatĀ  teleconference, rapat dapat dilakukan di mana saja. Tidak boros biaya perjalanan dinas, dan lebih hemat, waktu dan tenaga,” kata Sekda.

Hanya saja tantangannya saat ini, lanjut dia, setiap kabupaten harus memastikan jaringan internetnya sudaj tersedia dan dapat digunakan untuk menunjang rencana tersebut.

“Kalau tidak ada internet, tentu semuanya tidak bisa jalan,” ingatnya.

Sekda berharap, teleconferance di tahun ini sudah bisa terpenuhi.

“Mudah-mudahan bulan April sudah jadi, karena kita rencana April sudah launching. MenurutĀ  teman-teman dari Telkom, sementara sudah terpasang di tiga hingga empat kabupaten. Ini sudah mulai kita uji coba. Mudah mudahan April ini sudah jalan,” tandasnya. (AT/lamta/humas)

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!