Empat Karya Video Terbaik TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020

Jakarta, Ambontoday.com- Telkomsel menandai puncak penyelenggaraan TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020 dengan mengumumkan empat peserta yang menghasilkan karya terbaik dari kompetisi tersebut. Pengumuman tersebut dilakukan pada Malam Penghargaan TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020 yang disiarkan secara langsung melalui MAXstream dan channel YouTube Telkomsel pada 19 November 2020. Hal ini sekaligus menandakan berakhirnya kompetisi hasil kolaborasi Telkomsel dengan Urbanasia dalam memaknai peringatan momen Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan 2020.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, “TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020 menjadi perwujudan inisiatif Telkomsel dalam memberikan dukungan nyata terhadap industri kreatif Tanah Air. Melihat banyaknya content creator yang mendaftar, kami sangat senang mengetahui bahwa ternyata masyarakat Indonesia memiliki antusiasme yang luar biasa dalam mengikuti ajang ini. Telkomsel berharap hasil karya video para peserta kompetisi ini mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia, terutama dalam membangkitkan nilai kebangsaan, mulai dari menghargai keberagaman, hingga menjunjung tinggi persatuan.”

TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020 mengangkat tema “The Pride of Diversity in Indonesia” yang dimaksudkan untuk meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap keberagaman yang dimiliki oleh negeri ini. Dengan begitu, kompetisi ini diharapkan mampu menghasilkan karya-karya positif yang mampu menumbuhkan semangat cinta Tanah Air bagi putra-putri bangsa. Selama proses pengumpulan video yang dilakukan pada 15 Oktober hingga 10 November 2020, Telkomsel dan Urbanasia telah menerima ratusan video dari berbagai daerah di Indonesia yang kemudian disaring menjadi 20 finalis.

Dari finalis tersebut, TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020 memilih empat orang content creator sebagai pemenang yang terbagi ke dalam dua kategori, yakni Best Video by Judges dan Best Voted by Viewers Choice. Penilaian pada Best Video by Judges didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan dan pertimbangan dari tiga juri berkompeten, yakni Raditya Dika (Penulis, Komedian, dan Sutradara), Salman Aristo (Penulis dan Produser), dan Hilman Mutasi (Penulis dan Ex. Project Pop). Sedangkan pemenang kategori Best Voted by Viewers Choice ditentukan berdasarkan jumlah voting yang dilakukan sebelum malam penghargaan berlangsung. Berikut daftar lengkap pemenang TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020:

– Makan Bersama (Gold Best Video): berhak mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp75 juta rupiah dan sertifikat dari TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020. Karya video Makan Bersama dapat disaksikan di aplikasi MAXstream, tsel.me/makanbersama.
– Dua Sisi (Silver Best Video): berhak mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp50 juta rupiah dan sertifikat dari TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020. Karya video Dua Sisi dapat disaksikan di aplikasi MAXstream, tsel.me/duasisi.
– Sila (Bronze Best Video): berhak mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp25 juta rupiah dan sertifikat dari TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020. Karya video Sila dapat disaksikan di aplikasi MAXstream, tsel.me/sila.
– Perselisihan (Best Voted by Viewers Choice): berhak mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp10 juta rupiah dan sertifikat dari TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020. Karya video Perselisihan dapat disaksikan di aplikasi MAXstream, tsel.me/perselisihan.

“Terima kasih kepada Telkomsel yang sudah menyelenggarakan festival film ini dengan sangat baik. Saya mewakili tim dan semua rekan-rekan produksi sangat berterima kasih. Pesan untuk teman-teman content creator semuanya jangan berkecil hati, saling sharing, mari terus berkarya dan berkolaborasi menciptakan karya-karya yang mengedukasi,” ujar Adi Chandra Ardiansyah sebagai perwakilan juara pertama.

Dalam proses pembuatan film Makan Bersama, Adi mengaku hanya menggelontorkan dana sebesar Rp1,7 juta yang didapat dari hasil patungan rekan-rekan satu timnya. Proses pembuatannya pun dikatakan memakan waktu sekitar hampir tiga bulan, dari mulai pra-produksi, produksi, sampai distribusi. Berbeda dengan film Makan Bersama, proses penggarapan film Dua Sisi yang menjadi juara kedua TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020 justru hanya memakan waktu penggarapan yang sangat singkat.

“Jujur tidak menyangka bisa menang dengan persiapan yang lumayan minim, dari awal sampai habis hanya memakan waktu satu minggu pembuatan video. Dengan tim yang sangat kompak dan dari teman-teman dukungan penuh bisa sampai ke titik ini. Untuk sampai finish saja kita udah alhamdulillah banget, terima kasih kepada Telkomsel telah menyelanggarakan acara ini untuk mewadahi kami dalam berkreativitas,” terang Fadhlul Hariz Kamil Soe’oed dari tim produksi film Dua Sisi.

TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020 yang diselenggarakan pada tahun ini telah menjaring ratusan peserta dari seluruh wilayah Indonesia dengan latar belakang yang berbeda-beda. Salah satu peserta yang berhasil memenangkan kategori Best Voted by Viewers Choice dengan judul film Perselisihan digarap oleh content creator dengan latar belakang pendidikan STM. Dengan berhasil keluar sebagai juara, tim produksi Perselisihan ingin menunjukan bahwa anak-anak STM pun bisa berkarya.

Seluruh 20 video hasil karya para finalis TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020 dapat disaksikan melalui aplikasi MAXstream (tsel.me/top20TselURVideo). Ke depan, Telkomsel akan terus bergerak maju mengupayakan berbagai inisiatif dan upaya kolaboratif yang mampu menggandeng para kreator konten dan sineas Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Tanah Air, khususnya industri perfilman.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua content creator yang telah mengirimkan hasil karya mereka. Dan juga selamat kepada para 20 finalis dan pemenang dalam TELKOMSEL URVIDEO COMPETITION 2020. Semoga seluruh video hasil karya peserta tersebut dapat menginspirasi, mengobarkan semangat nasionalisme, dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan di dalam sanubari masyarakat. Semoga upaya kolaboratif ini mampu menjadi wadah bagi content creator untuk tetap terus memberikan hasil karya yang positif bagi masyarakat luas,” pungkas Denny.

author