Hadler Kukuhkan 37 Sanggar Seni Se-Kota Ambon

AMBON, Ambontoday.com– Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadeler secara langsung mengkukuhkan 37 Sanggar Seni Se-Kota Ambon berdasarkan Surat Keputusan Walikota Ambon Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengukuhan Sanggar Seni di Kota Ambon, yang berlangsung Colin Beach, Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Selasa (10/4).

Dalam Sambutan, Syarif Hadler mengatakan, untuk menjadikan Kota Ambon sebagai Kota musik dunia paling tidak ada beberap hal yakni satu diantaranya yaitu harus ada wadahnya, komunitas seni budaya dan juga musik. “Itu merupakan syarat-syarat awal yang harus kita penuhi dalam rangka mempersiapkan diri menuju sebuah kota musik dunia yang telah dipersiapkan secara matang menjemput tahun 2019 yang akan datang,” katanya.

Menurutnya, Kota Ambon dihargai sebagai kota yang berhasil dalam seni dan budaya. Artinya, sesungguhnya seni musik dan budaya sudah menjadi bagian dari masyarakat Ambon. “Karena orang Ambon bermain musik dan bernyanyi tanpa diajarkan oleh siapapun. Oleh karena itu, orang Ambon disebut sebagai orang yang memiliki DNA sejak lahir,” ucapnya.

Ia mengakui, orang Ambon sendiri tidak menghargai bakat yang terpendam yang meruypakan bagian dari kehidupan. Oleh karena itu, beberapa tahun lalu Ambon dicanangkan sebagai Kota musik dunia.

Tak hanya itu, sanggar seni yang hari ini dikukuhkan meruapakn salah satu kesiapan Ambon menuju Kota Musik Dunia. ” Karena selama ini masyarakat di Ambon tidak menyadari bahwa memiliki bakat Seni yang tinggi dengan nilai ekonomi yang baik. Maka itu, Pmerintah Kota Ambon akan mendorong terus bakat-bakat seni dan budaya baik musik maupun dan tarian dari sumber di Ambon agar menjadi sebuah ekonomi kreatif dan pada waktunya,” ungkapnya.

Baginya, pengukuhan ini harus dilakukan karena untuk menjadi sebuah kota musik dunia harus ada komunitas, Proses belajar mengajar. “Kalau seni dan budaya tidak diwadahi dalam sebuah organisasi tentu tidak akan berkembang sebagaimana yang diharapkan bersama. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon menggelar kegaiatn ini agar semua sanggra seni di Kota Ambon akan dikukuhkan sehingga mendapat perhatian dari Pmerintah,” jelasnya.

Selain itu, pengukuhan ini dimaksudkan agar tempat-tempat hiburan yang sudah dipersiapkan oleh Pemrintah Kota Ambon di berbagai sudut kota. ” Panggung harmoni sudur Kota yang dipersiapakn oleh Pemerintah Kota Ambon agar masyarakat bisa mengembangkan minat dan bakat yang ada di lingkungan masing-masing,” harapnya. (AT-011)