Hari Ini, Peserta JKN-KIS Tidak Terlayani di RSUD dr. Haulussy Ambon

AMBON, AMBONTODAY.COM- Hari ini, bagi Peserta JKN-KIS tidak akan terlayani pengobatannya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haulussy Ambon.

Pernyataan ini diakui langsung oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Ambon, dr. Andi Muhammad Dahrul Muluk kepada awak media saat konferensi pers yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Kamis (2/5).

Menuturnya, RSUD dr. Haulussy Ambon dengan masa akreditasinya telah berakhir dari tahun 2017 lalu. Dan sampai saat ini rumah sakit tersebut belum memproses atau memperbaharui akreditasinya.

“Kami sudah memberikan surat terkait status akreditasi tersebut, tapi sampai saat ini tidak ada realisasinya, sehingga pihak kami mau tidak mau harus mengikuti atutan dari kementerian untuk pemberhentian pelayanan sementara sampai proses akreditasinya diperbaharui kembali,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan pemerintah daerah Maluku agar secepatnya memproses dan memperharui akreditasi RSUD dr. Haulussy, karena tujuan dari akreditasi ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit serta melindungi kesalamatan pasien.

“Dengan akreditasi pelayanan masyarakat ini khususnya peserta JKN-KIS bisa terlayani seperti yang diharapkan,” jelasnya.

Ia mengakui, pelayanan peserta JKN-KIS di RSUD dr. Haulussy batas terlayani sampai dengan April 2019, jadi mulai di keluarkan informasi pada media-media di Ambon ini, maka pasien atau peserta JKN-KIS tidak akan terlayani sampai dengan status pembaharuan akreditasi selesai.

“Kami sementara menunggu keputusan dari pihak kementerian soal masalah ini apakah bisa diperpanjang kerjasamanya atau tidak, jadi akan kami infokan lagi hasilnya kalau ada info terbaru, tapi kalau tidak maka apa yang diupdate itulah yang terjadi,” paparnya.

Ia mengungkapkan, per tanggal 2 Mei 2019 peserta JKN-KIS yang berobat ke RSUD dr. Haulussy Ambon dilayani sampai dengan habis pengobatannya, tapi mulai dari tanggal 3 Mei 2019 peserta JKN-KIS tidak terlayani sampai pembaharuan atau perpanjangan akreditasi RSUD dr. Haulussy Ambon selesai.

“Khusus bagi pelayanan yang tidak ada di rumah sakit lainnya dan ada hanya di RSUD dr. Haulussy Ambon seperti Cemotraphy dan TBC akan tetap BPJS Kesehatan jamin itu karena memang pelayanan dari alat-alat ini tidak ada pada 11 rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Ambon,” tambahnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author