Birokrasi dan Pemerintahan

Hari Minggu, Pemkot Canangkan Car Free Day

Ambon, Ambontoday.com – Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor akan dicanangkan oleh pemerintah kota Ambon pada hari minggu (22/4/2018) mendatang. Hal ini disampaikan oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan dalam konferensi persnya di Ruang Kerjanya, Kamis (19/4/2018).

Untuk pencanangan tersebut akan dilaksanakan dengan penutupan pada ruas jalan Ay Patty mulai pukul 06.00-10.00 WIT. Dan akan diisi oleh bebrapa kegiatan seperti fun bike yang dilakukan sambil memungut sampah yang ada di sepanjang ruas jalan.

Dengan pencanangan tersebut, setiap hari minggu ruas jalan Ay Patty akan ditutup pada jam yang sama. Dan tidak diijinkan untuk kendaraan bermotor untuk melewati ruas jalan tersebut pada waktu yang sudah ditentukan. “Di Ay Patty itu resmi ditutup mulai pukul 6 pagi sampai 10 pagi. dan akan ada fun bike sambil angkat sampah. jadi nanti setiap hari minggu jalanan tersebut akan ditutup,” ujarnya.

Menurutnya, hari minggu ini spesial karena pencanangan yang dilakukan akan diisi dengan berbagai kegiatan selain fun bike, akan ada dialog, hiburan utnuk masyarakat hingga kegiatan percontohan. Dan untuk minggu selanjutnya hanya akan ada penutupan jalan tanpa ada kegiatan lainnya.

Selain itu, car free day dilakukan juga sebagai bentuk perwujudan Ambon sebagai kota bebas sampah dan masyarakat harus bisa berpartisipasi. Pasalnya, masyarakat dinilai kurang peduli terhadap masalah sampah yang ada di kota Ambon. Untuk itu, pemerintah kota bekerjasama dengan TNI/Polri untuk bersama-sama membersihan sampah yang ada di pantai dan teluk. Dan juga semua pihak harus berpartisipasi dalam pembersihan sampah di kota Ambon. “Car Free Day bentuk Ambon bebas sampah. Masyarakat ini kurang peduli karena masih sajas buang sampah di sungai,” tuturnya.

Baca Juga  "Ambon Sehat", Tema HUT ke-445 Kota Ambon

Car Free Day yang dilaksanakan di Ambon merupakan salah bentuk dari perwujudan Indonesia menuju bebas sampah pada tahun 2025 mendatang. Dan Ambon merupakan satu kota dari 11 kota lainnya di Indonesia yang melaksanakan kegiatan tersebut. “2025 Indonesia bebas sampah dan kementerian lingkungan hidup sudah menetapkan kegiatan untuk menuju 2025 tersebut diataranya car free day,” tambahnya.

Dikatakan, sampah harus menjadi kawan dan bukan lawan bagi masyarakat mengingat masih basnyak sampah yang dapat didaur ulang dan menghasilkan pundi-pundi uang. Dan itu akan sangat berdampak baik bagi perekonomian masyarakat yang ada di Indonesia khususnya di kota Ambon. (AT-011).

    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X