Haurissa : Oktober Mendatang KIA Bisa Dicetak

AMBON, Ambontoday.com – Bulan Oktober mendatang Kartu Identitas Anak (KIA) akan segera dicetak. Pernyataan ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Selly Haurissa kepada Ambontoday.com di ruang kerjanya, Senin (24/9).

Menurutnya, sampai sekarang KIA belum dapat dicetak karena tinta yang dikirim oleh pusat tidak sama dengan tinta yang biasanya digunakan untuk mencetak KTP. “Dengan ketidaksamaan tinta tersebut maka KIA sampai saat ini belum dapat dicetak,” katanya.

Ia mengakui, pihaknya baru saja mencetak KIA saat pencanangan saja. Oleh karena itu, pihaknya telah mengusulkan kepada anggaran perubahan agar tinta yang akan digunakan untuk mencetak KIA dapat diproses.

“Kita harus buat perubahan baru bisa dibeli, karena tintanya ini masuk dalam anggaran perubahan, yang mana kita prediksi mesin cetak KIA sama dengan mesin cetak KTP,” ungkapnya.

Ia mengatakan, mesin untuk mencetak KIA tidak dijual di Kota Ambon. Hal ini mengakibatkan kesulitan, sehingga masyarakat yang berdatangan ke Disdukcapil guna mencetak KIA tidak bisa terwujud karena hal tersebut.

Selain itu, Ia menambahkan, sampai dengan saat ini belum ada pendataan yang valid terkait dengan pencetakan KIA. Namun, pihaknya selalu melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah yang ada di Kota Ambon.

“Setelah tintanya disetujui dalam anggaran perubahan, kita akan mulai mencetak KIA dari jenjang PAUD,” akuinya.

Ia berharap, mudah-mudahan Oktober ini sudah bisa jalan. Apabila usulan dari pihaknya sudah masuk dalam anggaran perubahan. Untuk itu, masyarakat yang hendak mengurus pencetakan KIA dapat melampirkan syarat yakni Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga serta benar berasal dari warga Kota Ambon. (AT-011).

author