Hutan Kayu Satu Dilahap Api hingga 35 Hektar

Ambon, ambontoday.com – Sekitar pukul 09:00 Wit Minggu (19/01/2020) terjadi kebakaran pada lahan kosong di Kayu Satu Negeri Soya, kebakaran pada lahan kosong tersebut merrmbes hingga besar, membuat kepanikan bagi warga.

Api mulai menjalar hingga mencakup 45 hektar, hal ini disampaikan oleh KASUBBAG HUMAS POLRESTA P. AMBIN & P. P. LEASE IPTU JULKISNO KAISUPY, sesuai keterangan saksi mata yang melihat langsung kejadian kebakaran tersebut.

“Saksi mata yang memberikan kesaksian Ny. YANA, Umur 30 Tahun, Agama Islam, Pekerjaan Ibu Rumah Tangga dan Sdr. RASID SARAHIM, Umur 33 Tahun, Agama Islam, Pekerjaan Security Bank Mandiri Syariah bahwa sekitar pukul 09:00 Wit terjadi kebakaran itu bermula dari lahan kosong, tiba-tiba merembes hingga besar” kata mereka.

Dikatakan juga api sempat dijinakan oleh warga dan dibantu Babinkaptimas Batu merah hingga pukul 13:00 Wit namun api tidak berhasil dipadamkan, karena proses pemadaman dilakukan secara manual.

Lanjut Kaisupy, pihak Damkar dan dibantu oleh Tim gabungan TNI AD Raider 733, Denkav V dan SPKT Mapolres Ambon dan P.P Lease serta, Polsek Sirimau serta petugas Lingkungan Hidup dengan satu unit mobil pemadam kebakar langsung terjun menjinaki sijago merah yang sementara mengamuk menghanguskan hutan Soya.

“Kami berhasil memadamkan sebagian hutan yang terbakar, pada lokasi yang mudah dijangkau, sebdankan api yang berada pada lereng gunung sangat sulit janhkauan kami ketika berupaya semaksimalkan proses pemadaman, namun tidak bisah” ujarnya.

Ditambahkan juga, dari kejadian kebakaran tersebut tidak memakan korban, namun hutan dihanguskan, harapan Kaisupy sekiranya ada peranan penting dari masyarakat guna melihat dan menjaga serta mencegah agar tidak ada lagi kejadian yang sama. (AT/lamta)

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!