21 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Pendidikan

IKAPATI Tetap Fokus Penyerapan Alumni Unpatti di Dunia Kerja

Ambontoday.com, Ambon.- Sebagai Pengurus Ikatan Alumni Universits Pattimura (IKAPATI) tentu 1547 Wisudawan yang baru saja di Wisuda hari ini merupakan tanggungjawab besar bagi IKAPATI untuk bagaimana sumber daya ini bisa terdistribusi dengan baik.
Demikian disampaikan Sekretaris IKAPATI, Agus Ufie kepada wartawan usai Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Pattimura dalam rangka Wisuda Sarjana, Magister, Doktor, Pendidikan Profesi Guru dan Program Studi di Luar Kampus Utama Kabupaten Kepualauan Aru dan Maluku Barat Daya, Periode Desember tahun 2023, Senin 18 Desember 2023 di Aula Unpatti.
“Tentu IKAPATI tidak bisa mempekerjakan semua orang, tapi IKAPATi siap untuk melakukan kegiatan-kegiatan pelatihan yang bisa menyiapkan alumni-alumni kita untuk terdistribusi dimana-mana.
Kai sudah bekerjasama dengan beberapa industri di Batam untuk mendistribusi alumni-alumni yang bekerja di Batam, dan kita sudah berproses dimana para alumni mesti mengikuti pelatihan bahasa inggris di Unpatti dan difasilitasi oleh IKAPATI selama satu bulan barulah mereka diberangkatkan ke Batam untuk bekerja di sana,” jelas Agus.
Menurutnya, IKAPATI sudah melakukan MoU dengan sejumlah perusahan dan industri di Batam untuk dapat menanmpung alumni Unpatti bekerja di sana.
“Untuk para alumni yang ingin masuk Pegawai Negeri Sipil juga kita siap untuk memberikan pelatihan-pelatihan dan itu sudah berjalan beberapa gelombang dan sebanyak 150 alumni sudah kita latih menghadapi tes CPNS.
Proses ini akan terus kita lakukan sampai alumni kita terserap baik di pemerintah maupun swasta,” ungkap Ufie.
Dikatakan, sampai saat ini sesuai data base yang masuk ke pengurus IKAPATI sudah sebanyak 58.000 Alumni Unpati yang terdata.
“Saat ini sudah sebanyak lima puluh delapan ribu alumni yang terdata dalam data base, namun itupun belum seluruhnya terkafer, apalagi alumni yang sudah duluan sebelum adanya pengurus IKAPATI itu sama sekali yang belum terdata,” bebernya.
Alumni Unpatti memiliki petuanan terbesar di Maluku dan kita berharap bukan hanya Kagama yang menguasai indonesia tetapi IKAPATI juga ingin untuk bersama-sama, minimal kita meguasai Maluku karena universitas terbesar dan terkemuka bagi masyarakat Maluku, dan semoga alumni Unpatti bisa terdistribusi dan terpakai dimana-mana terutama di daerah Maluku.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X