Industri Jasa Keuangan Provinsi Maluku Gelar Vaksinasi Massal

 

Ambon,Ambontoday.com- Menindaklanjuti arahan Presiden RI agar industri jasa keuangan menjadi sentra vaksinasi covid-19 untuk mempercepat terbentuknya herd immunity di tengah masyarakat,Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku bekerja sama dengan Dinkes Maluku, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku, Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Maluku dan BMPD Maluku, menggelar vaksinasi massal untuk sektor keuangan.

Vaksinasi masal ini diselenggarakan bagi pegawai dalam lingkungan lembaga keuangan, nasabah dan masyarakat di Hall Bank Indonesia Karang Panjang Ambon, Jumat (6/8/2021).

Kepala OJK Maluku Roni Nazra mengatakan vaksinasi ini bukanlah upayanya OJK sendiri. Kegiatan ini berawal dari adanya koordinasi antara OJK pusat dengan Kemenkes RI. Dan sebagai tindaklanjut, OJK daerah perlu bekerja sama dengan pihak terkait lain agar kegiatan yang dimaksud bisa berlangsung sesuai rencana.

Bank Indonesia memfasilitasi tempat vaksin dengan segala infrastruktur, juga teman-teman dari lembaga jasa keuangan yang sebagai panitia dan mendukung kegiatan acaranya. Dinkes Kota Ambon menyediakan tenaga medis. Jadi saya tidak merasa ini bukan pekerjaan OJK sendiri,” jelas Nazra

Selain itu, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat memiliki kesempatan lebih cepat untuk divaksin sehingga dapat mengakselerasi terwujudnya herd immunity sekaligus menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional serta sebagai upaya mendukung pemerintah dalam memberikan kepercayaan diri kepada para pelaku di sektor jasa keuangan agar kebijakan yang dikeluarkan efektif dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah, khususnya pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku ,” ujarnya.

Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung hingga esok hari. Sebanyak 1400 dosis vaksin yang akan dipakai dari total 1600 vaksin yang disediakan. Sementara 200 dosis lainnya akan disebar ke Pemda/Pemkot termasuk lembaga jasa keuangan terkait lainnya.

Pemerintah provinsi melalui Plh Sekda Maluku Sadlie Lie menyatakan, OJK tidak hanya fokus dan peduli pada tugas organisasi saja, melainkan telah mengambil langkah peduli pada kemanusiaan yakni melaksanakan vaksinasi massal kepada seluruh pegawai dalam lingkungan lembaga keuangan beserta keluarga dan warga masyarakat.

Pelayanan mulia ini, terutama dalam bidang kesehatan saat ini, dimana kita semua masih berhadapan dengan kondisi pandemi Covid-19, dan OJK hadir membantu pemerintah menekan penularan pandemi,” katanya saat meninjau Vaksinasi Massal Sektor Jasa Keuangan Provinsi Maluku yang diselenggarakan OJK.

Menurut Sadlie, kegiatan vaksinasi ini adalah bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah pusat dan daerah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Sebagaimana arahan Presiden Jokowi bahwa vaksinasi untuk sektor keuangan dilakukan untuk mempercepat vaksinasi sehingga membentuk kekebalan komunal (herd imunity) masyarakat.

“Upaya dari Industri Jasa Keuangan ini pun, mendapat tanggapan positif dan apresiasi yang baikpula dari Pemprov Maluku,” jelasnya.

Untuk diketahui, vaksinasi massal ini dihadiri Sekot Ambon A.G Latuheru, Kadis Kesehatan Pemkot Ambon Wendy Pelupessy dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Maluku Noviarsano Manullang.

“Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik itu OJK dan seluruh jajaranya, bersama Dinkes Kota Ambon, atas terselenggaranya kegiatan ini,semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,”tutupnya.(AT-010).

Print Friendly, PDF & Email