21 May 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Isi Kekosongan Pejabat, Komisi II Dorong Walikota Ambon Percepat Perombakan Birokrasi

AMBON, Ambontoday.com- Langkah Walikota Ambon dalam melantik kabinet di awal tahun 2021 merupakan sesuatu hal yang baik. Namun, proses pelaksanaannya belum maksimal baik untuk eselon I, II, III maupun IV.

“Hal ini terkesan yang diangkat hanya sebagian. Karena itu, saya minta agar Walikota Ambon mempercepat seluruh proses pergantian pimpinan OPD pada lingkup pemerintah Kota Ambon,” kata Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Jafry Taihutu kepada media di Gedung DPRD Kota Ambon, Senin (25/1/2021).

Menurutnya, perombakan birokrasi yang dilakukan oleh Walikota Ambon masih tinggal beberapa OPD yang kosong oleh pejabat.

“Kendalanya pasti dibilang asesment dan yang lain, sekiranya kalau komisi II dalam waktu dekat ke jakarta kami akan ke Menpan dan KSN,” ucapnya.

Ia mengakui, kekosongan tempat pada beberapa OPD dapat dibicarakan dengan Walikota Ambon dan Kepada BKD, agar asesment itu dapat dilakukan secara firtual bukan secara langsung.

“Ini karena kondisi covid-19 kaya begini,kalau di departeman asesmentnya juga firtual, di lain tempat juga firtual kenapa di ambon tidak bisa. Atau memang juga mesti dilaksanakan dengan standar covid secara langsung, yang penting SOPnya pakai pendekatan covid,” jelasnya.

Maka dengan itu, Walikota Ambon mesti segera memerintahkan kepala BKD untuk mempersiapkan berbagai hal secepat mungkin berkaitan dengan skenario pelaksanaan asesment pada posisi-posisi yang masih kosong.

“Di tahun terakhir Walikota Ambon dalam memerintah ini mesti gerak cepat untuk melaksanakan beberapa agenda, sebabnya pada awal tahun ini merupakan awal yang baik dan saya kira harus segera percepat konsulidasi-konsulidasi yakni, pengangkatan ASN pada posisi yang bersangkutan dengan berpegang teguh pada pangkat golongan eselonisasi dan pendidikan penunjangan,” tandasnya. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X