17 July 2024
Birokrasi dan Pemerintahan

Jalin Silaturahmi & Perkuat Toleransi, Kapolres Kepulauan Tanimbar mengkuti Giat Bacarita Toleransi

Saumlaki, ambontoday.com – Bacarita toleransi dengan Tema “Merawat Toleransi Mewartakan Kedamaian di Duan Lolat”, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K., mengikuti Giat Bacarita Toleransi yang bertempat di Sekertariat Badar (Bakudapa Anak Dan Remaja) Lintas Agama Perkemahan Negeri Duan Lolat Saumlaki, Kecamatan Tanimbar selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (05/7).

Bertindak sebagai Moderator Sekretaris Camat Tanimbar Selatan Frits Watutamata, dengan menghadirkan Narasumber yakni Ketua Klasis Tanimbar Selatan, Wakil Uskup Wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, Ketua MUI Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kapolres Kepulauan Tanimbar, Kepala Kejaksaan Negeri Saumlaki dan PLH Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Bacarita Toleransi ini, dalam rangka sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kerukunan antar Umat Beragama yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar melalui Tema “Merawat Toleransi Mewartakan Kedamaian di Duan Lolat” melalui Topik Konsep dan upaya pengetaan nilai-nilai Toleransi bagi umatnya.

Pada kesempatan itu dalam memberikan Materi, Kapolres mengatakan, melihat dari Sejarah perjuangan para pendiri Bangsa dan Pahlawan dari Wilayah Indonesia Barat sampai ke Wilayah Indonesia Timur ini, nusantara berasal dari berbagai Keberagaman Agama yang mana berjuang demi satu tujuan yaitu Kemerdekaan.

“Pada Kabupaten Kepulauan Tanimbar, bila saya lihat Implementasi Toleransi Umat Beragama sudah sangat baik,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, Toleransi memiliki 3 (tiga) unsur penting yang harus kita terapkan di dalam kehidupan antar umat beragama yaitu Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi.

Turut hadir dalam pelaksanaan giat tersebut yakni Ketua Majelis Pekerja Harian Sinode GPM, Pdt Elifas Maspaitela, M. Si., Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Umar Wijaya, S.I.K., Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang diwakili oleh Kasi Intel, Agung Nugroho, S. H., Wakil Uskup Wilayah Kab. Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, RD. Januaris Oratmangun, PLH Sekda Drs. Jems Joseph Kelwulan, Ketua klasis Tanimbar Selatan, Pdt H. R. Tupan, M. Th, PLH Ketua Majelis Ulama Indonesia, Abdul Hamid Rahanyamtel, S. Sos., Kabag Kesbangpol, Brampi Moriolkussu, S. H., Kepala Dinas Pendidikan, Bambang Eko Priyanto, S. pd, Para Tokoh Pemuda Lintas Agama dan para Tamu Undangan lainnya. (AT/RM)

Spread the love
Baca Juga  Sembilan Desa/Negeri di Ambon Akan Ikut Pilkades Serantak
X