Ambon,Ambontoday.com- Pemerintah Provinsi Maluku,menggelar rapat koordinasi antara Pemprov Maluku, OPD di lingkup Pemprov Maluku, perbankan, BUMN, UMKM dan Tim Gubernur Percepatan Pembangunan, Jumat (17/12/2021), di ruang rapat lantai 6 Kantor Gubernur Maluku.

Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Sadeli mengatakan bahwa Rapat Hari ini yang telah dilakujan rapat yang ketiga kali nya tentang persiapan pelaksanaan Maluku Exhibition ke Sulawesi Selatan,”ujar Sadali kepada wartawan saat di Wawancarai jumat (17/12/2021)

Pemerintah Provinsi Maluku, rencananya pada Januari 2022 nanti, akan menggelar Maluku Baileo Exhibition di Makassar, Sulawesi Selatan,”ungkapnya

Menurutnya, kegiatan ini dianggap penting, oleh karena itu Pemprov memberikan apresiasi, karena ini saatnya produk- produk UMKM Maluku dipromosikan di luar daerah, sehingga keunggulan-keunggulan komparatif , keunggulan-keunggulan kearifan lokal Maluku bisa dikenal di luar, dan bisa memotivasi dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di Provinsi Maluku.

Untuk jadwal kegiatan, Plh Sekda katakan masih tentatif. Tapi menurut informasi akan dilaksanakan pada bulan Januari, di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Diharapkan semua OPD terlibat dalam pameran ini. Ada beberapa OPD dan perbankan yang sudah memasukkan produk-produk UMKM binaannya.Kita harapkan harus ada kolaborasi kerjasama yang baik sehingga misi ini bisa berjalan secara efektif dengan memberikan hasil yang maksimal,”tandasnya.

Selain memperkenalkan kata Sekda produk-produk UMKM, akan saling menukar informasi tentang peluang investasi yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Maluku, yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah lain dan ada peluang-peluang yang dimiliki oleh pemerintah lain yang dapat dimanfaatkan oleh Pemprov Maluku.

“Jadi kita bisa bertukar informasi atau MoU atau kerjasama, yang tujuannya untuk meningkatkan ekonomi Maluku,”terangnya.

Terkait persiapan dan komunikasi dengan Pemprov Sulawesi Selatan, Sadali mengakui jejaringnya sudah dibangun, baik dengan pemerintah dan sesama pelaku UMKM, termasuk juga HIPMI.

Sekda juga mengingatkan, agar menjaga standar dan mutu produk, serta keberlangsungan atau ketersediaan stok, agar tidak mengecewakan

“Terhadap pelaku usaha, saya minta nanti produk yang ditampilkan dalam kemasan-kemasan harus miliki kualitas yang baik. Harus menjaga nama baik. Tidak bisa begitu saja Kita harus tampilkan yang terbaik, sehingga ini bisa menjadi produk unggulan,”jelasnya.

Plh Sekda juga harapkan dukungan dari media, untuk dapat menginfokan kegiatan Maluku Baileo Exhibition, sehingga masyarakat bisa mengetahui rencana aksi ini dan semua masyarakat itu memajukan diri dengan memanfaatkan seluruh potensi kearifan lokal, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau masyarakat sudah sejahtera,.maka angka kemiskinan turun dan angka pengangguran juga”tuturnya (AT010)

Print Friendly, PDF & Email