21 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kab.KKT

Jelang Idul Fitri 1444 H/2023, Polres Kepulauan Tanimbar laksanakan Latihan Pra Operasi

Saumlaki, ambontoday.com – Polres Kepulauan Tanimbar laksanakan Latihan Pra Operasi Ketupat Salawaku 2023 dalam rangka kesiapan Pengamanan Hari Raya idul Fitri 1444 H/ 2023 diwilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kamis (13/4).

Kegiatan Latihan Pra Operasi Ketupat Salawaku 2023 tersebut dipimpin sekaligus dibuka oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K yang berpusat di Gedung Pelayanan Lantai II Polres Kepulauan Tanimbar, Jl. Ir. Soekarno, Kelurahan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Ops Polres Kepulauan Tanimbar Kompol Frihamdeni, Kabag Ren Kompol Onas P. Lekawael, Para Kasat, Kasie,Perwira Staf Polres Kepulauan Tanimbar, serta Personil Polsek Jajaran yang terlibat dan Personil Brimob Kompi 3 Batalion C Pelopor.

Melalui Sambutannya, Kapolres Kepulauan Tanimbar mengatakan agar dilakukan Pemerataan Personil yang terlibat pada Pos Pengamanan, dan selain itu bentuk Satuan Tugas Preemtif.

“Agar kita juga harus fokus di beberapa Kecamatan dalam pembentukan Satuan Tugas dan pengamanan, mengingat pada beberapa Kecamatan terdapat Masjid” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwa Ada beberapa penekanan saat pelaksanaan Rapat Lintas Sektoral Rabu (12/4), yang salah satunya terkait dengan adanya pendataan dan fungsi kontrol terhadap rumah-rumah yang ditinggal mudik dan dibiarkan kosong, mengingat sekarang mulai maraknya kasus pencurian.

“Terkait dengan kegiatan Operasi ini, rekan-rekan tahu apa yang menjadi tugas pokoknya, kemudian apa yang harus diperbuat ketika menghadapi situasi mendesak, bagaimana berkoordinasi dan sarana prasarana apa saja yang harus disiapkan,” tegasnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan Paparan oleh Kabag OPS Polres Kepulauan Tanimbar Kompol Frihamdeni, terkait Dasar, Tema Latpra Ops, Time line Ops Ketupat Tahun 2023, Maksud dan Tujuan, Tugas Pokok, Sasaran dan Target Operasi, Cara bertindak Personil, Struktur Organisasi Operasi Ketupat Salawaku Tahun 2023, Penjabaran Tugas, Instruksi dan Koordinasi, Sistem Pelaporan dan Tugas Pokok Pos Pam serta Cara Bertindak Pos Pam dalam pelaksanaan Ops Kerupat Salawaku 2023.

“Kami telah persiapkan 40 Personil Pengamanan yang diantaranya 34 Personil Polres Kepulauan Tanimbar dan enam Personil Brimob Kompi 3 YON C Pelopor” kata Kabag Ops.

Selain itu, KBO Sat Intelkam Polres Kepulauan Tanimbar Ipda Hengki Amos Memaparkan terkait Situasi secara umum, Kebutuhan Vital masyarakat uang diantaranya Ketersediaan bahan pokok, Ketersediaan Listrik, Ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Terkait Konflik Sosial Kerawanan lainnya yang perlu diantisipasi, Perkiraan ancaman jelang dan sat perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H. Tahun 2023. (AT/RM)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X