Jelang UN, Perangkat ICT SMP Negeri 3 Ambon Siap Untuk UNBK

Ambontoday.com, Ambon.- Perangkat ICT dalam menunjang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 3 Ambon saat ini telah siap digunakan. Sebanyak 43 unit computer begitu juga dengan server jaringan internet. Hal ini disampaikan, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) SMP Negeri 3 Ambon, Marice Latupapua/Sipahelut, Kepada wartawan di ruang kerjannya, Rabu (22/2).

Menurutnya, untuk pelaksanaan UNBK di SMPN 3 tahun ini, sudah tidak lagi menggunakan perangkat computer dari luar. Mengingat pada tahun kemarin, pelasksanaan UNBK saat itu untuk tingkat SMP hanya 3 sekolah yakni SMPN 6 Ambon, SMPN 3 Ambon dan SMP Lantera, dimana jumlah perangkat computer yang dimiliki SMPN 3 Ambon masih minim, namun saat itu dilakukan kerjasama dengan SMK Negeri 3 yang meminjamkan sebanyak 20 unit laptop sehingga pelaksanaan UNBK waktu itu berjalan lancar.

Berbeda dengan tahun ini dimana SMPN 3 Ambon sudah mendapat bantuan tambahan dari Dinas Pendidikan Provinsi sebanyak 15 unit computer ditambah dengan milik SMPN 3 sehingga jumlah keseluruhan adalah 43 unit computer yang sudah siap untuk digunakan dalam pelaksanaan UNBK nanti.

Jika dibandingkan dengan jumlah peserta ujian sebanyak 133 siswa, makan pelaksanaan UNBK akan dibagi dalam 3 sesi dimana 1 unit computer akan digunakan 3 siswa secara bergantian, jelas Sipahelut.

Selain jumlah perangkat computer, lanjut Wakasek, pihak sekolah juga saat ini sudah membenahi server yang digunakan sebagai jaringan internet.

“Server juga kita benahi dan perkuat mengingat jaringan internet merupakan salah satu kunci agar siswa dapat mengerjakan soal dengan cepat. Saat tri out pertama kemarin, ketika uji coba ternyata server agak lambat sehingga ini akan menghambat siswa dalam menyelesaikan soal-soal,” paparnya.

Untuk itu, pihak sekolah sudah melakukan pembenahan server dengan menambah 1 server lagi, karena sebelumnya sekolah hanya menggunakan  Wifi namun nyatanya jaringan internet lambat, untuk itu telah ditambah satu server lagi dengan in the home yang juga dari Telkomsel.

Dua server ini dimaksdukan untuk saling membackup jaringan internet pada saat pelaksanaan UNBK nanti sehingga siswa juga tidak terganggu dalam mengerjakan soal lantaran lambatnya jaringan internet.

Dirinya berharap, dengan kesiapan yang ada saat ini pelaksanaan UNBK di SMPN 3 Ambon tahun ini akan berjalan lancar.

“Kita berharap dengan kesiapan perangkat yang sudah ada dapat menunjang pelaksanaan UNBK secara baik dan lancar. Tinggal bagaimana kita menyiapkan para siswa melalui materi pelajaran, serta kesiapan siswa itu sendiri juga peran orang tua. Dengan begitu maka hasil yang dicapai nantinya dalam UNBK sesuai dengan yang diharapkan,” kata Sipahelut. (AT-008)

Jadilah Orang Pertama share:
author