JMY : Terobosan Sumber Daya Lokal Membawa Perubahan Baru Di Maluku

Ambon, ambontoday,com – Diskusi Publik yang digelar oleh GMNI Maluku bagi Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur merupakan sebuah refleksi yang menarik untuk semacam pembenahan dan kerangka pikir dari para kandidat.

“Kategori yang coba saya bilang bahwa ini sebuah forum yang cukup intelek, sangat profesional dan juga mendapat pencerahan dari para Cagub dan Cawagub yang memberi warna terhadap upaya-upaya yang bisa di dinilai sebagai langkah-langkah terebosan untuk ada perubahan,” kata Bakal Calon Gubernur Maluku Periode 2018-2023, Johozua Max Yoltuwu kepada awak media usai kegiatan Diskusi publik di Lantai II rektirat Unpatti Ambon, Minggu (23/7/2017).

Menurut Yoltuwu, perubahan itu penting yang berasal dari berbagai pihak baik secara akademisi yang dibedah dari penguatan program yang dilakukan oleh pembangunan pendidikan, kesehatan, sumber daya alam, lingkungan hidup termasuk wisata dan lainnya.

“Daerah ini dapat dibenahi secara perlahan dengan penguatan dari kapasitas dari sumber daya lokal,” tuturnya.

Lanjutnya, hal ini dapat dirunuk sebagai program terobosan unggulan, sehingga dapat dikoordinasi untuk memupuk pertumbuhan baru dalam rangka claster potensi wilayah dari pikiran komunitas dan keunggulan, agar diorganisir baik dalam kerangka daerah, kabupaten, provinsi maupun kementerian dan sektor lainnya.

“Hal ini dilihat dari terobosan pemerintah pusat untuk membangun daerah yang masuk didalam suatu kerangka desain yang bersinergi,” ungkapnya.

Jadi, intinya pemerintah sudah hadir memberi peran yang luar biasa lewat pembiayaan dan menempatkan sumber daya untuk mengeloah dan memberi manfaat bagi daerah. (AT-009)

author