Jokowi- Gelar Puncak Perayaan Hari Pers Nasional 2017 di Ambon

Ambon, Ambontoday.com – Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2017 akhirnya mencapai puncaknya. Rangkaian kegiatan menuju puncak acara sudah dilewati oleh ribuan peserta HPN 2017 sejak hari Senin, (6/2).

Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri langsung merayakan HPN bersama segenap insan pers tanah air yang hadir di Lapangan Tantui, Kota Ambon, Kamis, (9/2).

Turut hadir dalam puncak HPN 2017 adalah sejumlah Menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Mahari, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila F Moloek dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI, Kapolri serta Kepala Daerah seluruh Indonesia.

“Peringatan Hari Pers Nasional yang dilaksnakan di Kota Ambon ini memperteguh komitmen kita bersama untuk mewujudkan ekonomi yang merata dan sumber daya manusia di Indonesia,” Kata Jokowi

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, media harus utama menghadapi tantangan yang besar karena kehadiran media sosial. Saat ini semua lapisan masyarakat, hingga level kepala daerah, menteri dan presiden menggunakan media sosial.

Oleh karena itu, ia menyarankan media harus utama mampu bersiasat dan beradaptasi jika tidak ingin gugur di persaingan media.

Di sisi lain, Jokowi menyampaikan media sosial juga menjadi hal yang merepotkan pemerintah.

“Media sosial memusingkan pemerintah, karena hal ini telah dihadapi oleh seluruh negara di dunia,” ujar Jokowi

Namun, Jokowi berkeyakinan bahwa media tidak mudah gempar dengan pemberitaannya dan media lebih memperdalam materinya.

Jokowi mengajak seluruh insan pers bersama denga pemerintah menyetop dan mengurangi nerita bohong dan hoax lainnya. Oleh karena itu, media harus mampu meluruskan hal -hal yang bengkok, dan membuat jernih kembali media.

Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, apresiasinya atas kehadiran Presiden Jokowi di Kota Ambon. Melalui perhelatan HPN 2017, Ia berharap, kebhinekaan dan nasionalisme di Indonesia dapat ditenun kembali untuk membangun peradaban.

Ia mengaku, merasa bangga karena Maluku sudah berulang kali sukses menyelenggarakan event bertaraf nasional dan internasional.
Tema HPN kali ini juga menurutnya sangat pas merepresentasi potensi maritim yang sangat besar dimiliki oleh Provinsi Maluku. HPN kali ini bertemakan “Pers dan Rakyat Maluku Bangkit Dari Laut”.

” Semua ini karena kekuatan cibta dan kerinduan seluruh masyarakat yang hadir di Maluku. Tema HPN sangat tepat dengan Maluku yang terdiri 1.342 pulau, berdasarkan semangat kemaritiman Indonesia yang dicanangkan Presiden melalui Poros Maritim,” Kata Assagaff. (AT-009).

Jadilah Orang Pertama share:
author