20 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan malukuku

Jubir : Isu Beredar, RS Leimena Kehabisan Vaksin

Ambon,Ambontoday.com- Beredar isu Rumah Sakit Leimena kehabisan stok vaksin sehingga tak melakukan lagi vaksinasi, hal ini di konfirmasi oleh Jubir gustu covid-19, dr.Adonia Rerung.

“Kita baru selesai Rapat hari senin kemarin, tidak ada ungkapan seperti begitu. hanya saja mereka bilang bahwa membutuhkan tambahan obat dan Vaksin.bukan sudah kehabisan.” Katanya.

Demikian penjelasan Juru bicara Gugus tugas (Gustu) Covid-19 Maluku Dr Adonya Rerung pada Ambontoday.com memalui fia telpon Kamis( 22/7/2021)

Menurut Rerung, ia belum mendengar informasi Vaksin habis dari RS.Leimena.kalaupun habis, vaksin dia mendapat informasi tersebut.
Ia pun meneruskan, Vaksin itu di salurkan dari kementerian di serahkan ke dinas kesehatan provinsi, dan Dinas kesehatan Provinsi menyebarkan ke Kabupaten/kota.

“untuk jatah RS.Leimena, mereka mendapatkan jatah dari Kota Ambon. jadi kalau di Leimena habispun tinggal minta di dinas kesehatan kota.” Lanjutnya.

Saat di tanyakan berapa banyak vaksin yang RS Leimena miliki, Rerung mengaku kurang tahu pasti.RS.Leimena minta vaksin dari Dinkes kota Ambon dan mendistribusi ke Rumah sakut rumah sakit yang melakukan Vaksinasi.

“Kan tidak semua rumah sakit yang melakukan vaksinasi, misalnya saja RSU Haulussy tidak melaksanakan Vaksinasi,yang melakukan Vaksinasi adalah RS.Leimena, untuk itu di berikan kepada RS.Leimena saja.

Kalau mulai berkurang mungkin karena di gunakan tapi kalau dibilang habis itu tidak ada,karena merka tidak bilang begitu

“Kepala Bidang yang membidangi vaksin,yaitu Pak Daud mengatakan, bahwa masih ada stok Vaksin meskipun mula berkurang.tetapi dikatakan stok itukan cadangan membekap yang kekurangan. Sudah kami ingatkan bahwa jangan meminta ketika vaksin sudah habis. Yang penting masih ada Baperstok. itu stok cadangan, jadi sebelum Baperstok habis, sudah ada stok baru lagi dan memang itulah sistemnya dan tidak boleh ada kekurangan vaksin.

Rerung meneruskan, Hanya di RS.leimena yang melakukan Vaksin. Rumah sakit yang lain tidak.

“Jadi yang melaksanakan layanan vaksin itu hanya RS.Leimena,jadi untuk kehabisan vaksi itu tidak benar.

Rerung menambahkan Untuk Masyarakat yang mau di Vaksin silahkan langsung ke Rumah sakit Leimena,”tutupnya.(AT-010).

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X