Juli Mendatang DM Resmikan Alat Monitoring Tsunami di Ambon

AMBON, AMBONTODAY.COM- Direncanakan pada bulan Juli atau Agustus 2019 mendatang, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Dony Monardo (DM) akan meresmikan 2 alat monitoring Tsunami di Ambon.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada media di Ambon, Kamis (11/2).

Louhenapessy mengakui, dirinya telah menyurati DM dan suratnya telah ditanggapi. Dua alat Monitoring Tsunami kata dia direncanakan akan dipasang di daerah Pintu Kota, Kecamatan Nusaniwe dan di Pulau 3, guna menggcover jasirah pulau Ambon dari Tsunami.

Hasil gambar untuk doni monardo

Menurutnya, dari hasil koordinasi Pemerintah kota Ambon dengan seluruh stakeholder terkait, BNPB memberikan perhatian khusus bagi Kota Ambon karena memiliki potensi bencana serius yang sewaktu-waktu bisa terjadi dari sisi topografi.

 

Hasil gambar untuk ALAT MONITORING TSUNAMI

“Ambon memiliki pintu masuk seperti mulut buaya, jadi kalau tidak diantisipasi maka sewaktu terjadi bencana air akan masuk, dan daerah yang rawan masuknya air adalah Passo, Tanjung Alang, serta Teluk Ambon,” paparnya.

Walaupun alat monitoring gempa itu harganya mendekati 200 Miliar, Louhenapessy menyebutkan, DM tetap memperhatikan kota Ambon dari bencana Tsunami, mengingat Provinsi Maluku juga dilingkari daerah patahan yang membelah Teluk Ambon.

“Posisi lokasi pemasangan alat monitoring Tsunami merupakan tanggung jawan dari BNPB dengan pakar-pakarnya, saya pikir juga alat ini perlu dipasang di daerah Hutumuri,” tambahnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author