21 May 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon Pendidikan

Juni 2020, Pemkot Ambon Launching Kurikulum Musik Lokal

Ambon, Ambontoday.com– Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kota Ambon akan menerbitkan atau melaunching  kurikulum lokal yang berbasis musik.

“Tim penyusunan musik lokal imi sudah siap, dan kita berharap Juni 2020 yang bersamaan dengan tahun ajaran baru akan di launching,” kata Walikota , Richard Louhenapessy kepada media di Balai Kota Ambon, Selasa (10/3/2020) usia rapat bersama instansi terkait.

Ia berkata, mudah-mudahan Mentri
Pendidikan bisa hadir untuk melaunching kegiatan ini atau Mentri Pariwisata. “Dua menteri ini akan kita lihat kedepan mana yang cocok dalam pelaksanaan kegiatan ini nanti,” akuinya.

Ia menjelaskan, implementasi ini akan dicapai atau terbukti dengan semangat kerja oleh tim. Namun, dengan adanya kekurangan guru musik yang menjadi perhatian bersama.

“Kurangnya guru-guru musik akan menjadi prioritas dari Pemerintah Kota Ambon untuk merekrut dalam bentuk tenaga kontrak misalnya, lalu fasilitas pendukung jaga seperti peralatan musik itu juga harus pengadaan lewat sekolah-sekolah, bisa lewat dana bos atau dana-
dana yang lain,” cetusnya.

Menurutnya, musik lokal ini merupakan
konsekuensi dari pada Ambon sebagai Ambon City Of Music yang diakui dunia, sehingga membudayakan dalam diri masyarakat melalui tingkat pendidikan.

“Kebijakan Pemkot, seluruh kurikulum
muatan lokal kita mulai dengan musik agar musik itu dia bukan saja hibuaran, tetapi
bisa mendidik dimensi perdamaian, ekonomi, sosial
dan lainnya,”jelasnya.

Untuk itu, pihaknya ingin mendorong anak-anak yang dari kecil sudah terbiasa dengan menyanyi dan menyukai musik, harus dibangun kebersamaannya. “Musik dari dini harus dibangun secara baik, karena dengan musik dapat perbedaan antara agama, ras, suku
satu dengan yang lain,” tandasnya. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X