20 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Ekonomi Kota Ambon

Kades, Raja dan Lurah Diminta Bantu Pengendalian Inflasi di Ambon

Ambon, Ambontoday com-Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, meminta kepada seluruh Raja/Kades dan Lurah yang ada di Kota Ambon untuk dapat membantu pemerintah dalam pengendalian inflasi di Kota Ambon. Pasalnya perkembangan inflasi Kota Ambon semakin baik.

Hal tersebut disampaikan Wattimena dalam Rapat koordinasi Pemerintahan Forkopimda, KPU, Bawaslu Kota Ambon bersama Forkopimda, para Lurah/Kepala Desa/ Kepala Pemerintahan Negeri, Ketua Saniri Negeri/BPD, Babinsa/Bhabinkamtibmas, dan ketua RT/RW se-Kota Ambon, Di Maluku City Mall (MCM), Senin (17/04).

“Inflasi kita dari angka 7 persen turun hingga 6,5 persen dan sekarang sudah membaik di angka 5,5 persen,” ungkap Watimena.

Menurutnya, Inflasi dapat dikendalikan dengan 9 (sembilan) langkah, salah satunya operasi pasar.

Untuk itu, kata Wattimena, pihaknya meminta pemerintah Desa/Negeri/Kelurahan untuk membantu Pemkot dalam pengendalian inflasi yakni, manfaatkan lahan rumah yang kosong.

“Manfaatkan lahan rumah kosong untuk bercocok tanam. Apa yang bisa di taman, seperti cili, tomat, bawang, sayur-sayur dan lainnya. Tanam dan kembangkan,” terangnya.

Selain itu, Wattimena meminta Kades/Lurah/Raja untuk manfaatkan tanah milik desa negeri yang ada di desa kelurahan masing-masing untuk bercocok tanam, agar tidak bergantung pada pasar.

“Berdayakan masyarakat untuk mengelola kebun. Agar stok ketahanan pangan dan harga kebutuhan pokok di Kota Ambon tetap stabil,” jelasnya.

Selain itu, tambah Wattimena, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Ambon terus melakukan operasi pasar setiap hari untuk menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil dan bisa dijangkau oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hari-hari.

“Saya berharap dengan semua cara yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik, agar inflasi kita bisa dibawah angka inflasi nasional,” pungkasnya. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X