15 July 2024
Kota Ambon Kriminal

Kaisupy : Bersama Stakeholder, Polsek Pelabuhan Lakukan Pengawasan Keamanan dan Ketertiban

Ambontoday.com, Ambon.- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yosudarso, Iptu. Julkisno Kaisupy kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu 26 Juli 2023 menyampaikan, selama ini pengamanan aktifitas embarkasi dan debarkasi di pelabuhan Yosudarso Ambon berjalan lancar dan tidak ada gangguan ataupun hal-hal yang mengarah pada tindakan kejahatan, semuanya berjalan lancar, aman dan tertib.

“Dalam melakukan pengamanan di kawasan pelabuhan Yosudarso, Kami dari Polsek selalu bekerjasama dengan pihak Pelni, Pelindo, KSOP, Karantina, BKSDA dan dari pihak TNI untuk melakukan pengamanan serta pemantauan secara langsung saat aktifitas penumpang baik saat tiba dengan kapal maupun yang akan berangkat.

Ada beberapa Pos yang ditempati petugas yakni, ada Pos luar dan Pos di dalam dan Pos masuk pelabuhan. Kemudian di Kapal juga ada pos pada setiap tangga baik tangga naik maupun turun semuanya ditempati oleh petugas keamanan yang berseragam dinas.

Selain itu, ada juga petugas Intel maupun Reskrim yang berpakaian preman semuanya juga berperan secara mobile di dalam pelabuhan maupun di atas kapal,” jelas Kaisupy.

Dikatakan, sampai saat ini belum ada laporan atau keluhan maupun temuan hal hal yang menggangu ketertiban dan keamanan di dalam kawasan Polsek Pelabuhan Yosudarso.

“Memang beberapa bulan kemarin kita sempat menggagalkan salah satu kasus upaaya penyulundupan hewan Kanguru yang dilindungi, dan itu sudah diproses berkat kerjasama semua stakeholder yang ada di dalam kawasan pelabuhan,” beber mantan Kapolsek Haruku ini.

Menurutnya, selain melakukan pengamanan dan pemantauan saat arus tiba dan keberangkatan kapal, ada juga Pos tetap yang stand by 24 jam yang ada di pelabuhan baik pelabuhan Yosudarso dan Slamet Riyadi.

“Pos pengawasan dan pemantauan ini berfungsi juga untuk memantau penyakit sosial masyarakat yang kemungkinan terjadi di dalam kawasan pelabuhan, seperti miras, perjudian dan lainnya.

Baca Juga  Menghindari Konflik Masyarakat Lelingluan Minta Dinas Kehutanan Provinsi Tutup PT Sastra Energi Dunia.

Jadi setiap malam itu ada petugas yang piket dan rutin melakukan Patroli di dalam kawasan area pelabuhan maupun kontainer. Alhamdulillah selama saya menjabat sudah empat bulan sebagai Kapolsek di sini tidak ada temuan-temuan seperti itu,” kata lelaki yang juga mantan Kapolsek Leihitu ini.

Selain itu, lanjut Kapolsek, di Pelabuhan Gudang Arang juga tidak luput dari pengamanan dan pengawasan pihak Polsek Pelabuhan Yosudarso, teristimewa saat kapal Perintis tiba.

“Untuk pelabuhan Gudang Arang itu biasanya kita tempati di saat Kapal Perintis tiba, karena memang semua Kapal Perintis yang tiba melakukan aktifitas pembongkaran di Gudang Arang sehingga Petugas juga kita turunkan di sana untuk mengawasi dan melakukan pemantauan.

Beberapa waktu kemarin juga kita sempat melakukan sweeping Miras jenis Sopi saat kapal tiba di Gudang Arang dan itu ada hasilnya dan langsung dilaporkan ke Pimpinan,” papar Pria dengan 2 Balak di pundaknya itu.

Spread the love
X