KAMI Harus Ciptakan Koorporasi Dari Ekosistem Musik

 

Ambon, Ambontoday.com – Konferensi Musik Indonesia diharapkan akan dapat menciptakan suatu koorporasi dari ekosistem musik yang ada di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani dalam sambutannya pada pembukaan Konferensi Musik Indonesia yang berlangsung di Taman Budaya Ambon, Rabu (7/3/2018).

Menurutnya, dengan adanya koorporasi dalam ekosistem musik maka hasil dari konferensi ini harus bisa menciptakan suatu dunia musik yang dapat mendukung seluruh inovasi, kreatifitas, kolaborasi di dalam menavigasi evolusi terhadap musik nasional. “Dalam konteks persaingan yang diuji secara global,” ujarnya.

Dikatakan, Konferensi Musik Indonesia harus dapat menciptakan sebuah formulasi baru dalam evolusi musik nasional Indonesia dalam persaingannya secara global. Hal ini dikarenakan dengan musik nasional dapat berhasil bersaing secara global maka musik Indonesia sudah masuk dalam suatu taraf yang tinggi di kanca Internasional.

Dia menambahkan, untuk Konferensi Musik Indonesia tak hanya harus didukung oleh musisi atau orang yang melakukan aktivitas dalam bermusik saja tetapi harus juga didukung oleh seluruh stakeholder yang ada di Indonesia. “”Stakeholder harus mengembangkan kreasi dan inovasi musik indonesia menuju ke global karena untuk musik sendiri tidak ada batasnya,” tuturnya.

Stakeholder harus membantu memikirkan dan melaksanakan sesuatu yang nyata atau kongkrit dalam perwujudan musik Indonesia yang dapat bersaing secara global. Dan harus dilakukan secara maksimal sehingga hasilnya akan lebih optimal.

Selain itu, untuk mendukung musik indonesia yang dapat bersaing secara global maka peranan setiap daerah sangat penting. Daerah harus dapat menyediakan sebuah tempat yang baik bagi para musisi untuk melakukan performance. “Saya juga menyampaikan bahwa dari sisi peranan daerah agar bisa memberikan wadah yang baik mungkin kita bisa pikirkan semacam alokasi khusus untuk membangun tempat-tempat performance di masing-masing provinsi,” tambahnya.

Dia berharap, masyarakat juga dapat mengekspresikan berbagai karya seni yang ada mulai dari musik, drama dan karya seni lainnya. “Sehingga dia menjadi tempat bagi masyarakat bisa mengekspresikan berbagai macam karya seni, musik, drama dan juga dari seni yang lainnya untuk bisa di tambahkan ini bagus untuk generasi milenial untuk mendapatkan,” terangnya. (AT-011)