Kantah Buru Serahkan Sertipikat Tanah Program PTSL Kepada Masyarakat di 5 Desa Kabupaten Buru

Ambontoday.com, Ambon.- Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Buru dalam Bulan Januari 2019 melakukan penyerahan Sertipikat Tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) tahun 2018 kepada masyarakat di sejumlah Desa di Kabupaten Buru.

Penyerahan Sertipikat Tanah kepada masyarakat itu dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Buru, Nurdin Latuconsina beserta rombongan dan staf Kantor Pertanahan Buru di Desa Waelo, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru. Desa Tifu, Kecamatan Lolongguba, Kabupaten Buru. Desa Debowae, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru. Desa Ilath, Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru dan Desa Waemorat, Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru.

Penyerahan sertipikat secara langsung ini dilakukan berdasarkan permintaan Pemerintah Desa serta seluruh masyarakat setempat yang menginginkan agar Sertipikat Tanah diserahkan secara langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan.

Menurut Latuconsina, kehadirannya sebagai Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Buru beserta sejumlah pejabat dan staf kantor Pertanahan di beberapa Desa tersebut adalah atas permintaan pemerintah dan masyarakat setempat.

“Atas permintaan pemerintah dan masyarakat Desa Waelo, pada hari Sabtu tanggal 12 Januari kemarin kita rombongan tim Kantor Pertanahan Buru turun langsung untuk menyerahkan sertipikat tanah kepada masyarakat.

Jumlah sertipikat yang kita serahkan kepada masyarakat di Desa Waelo adalah sebanyak 24 sertipikat yang mana mendapat sambutan hangat dari masyarakat maupun pemerintah setempat,” jelas Nurdin.

Dikatakan, sebelumnya ada penyerahan Sertipikat Tanah secara langsung kepada masyarakat di 2 Desa lain pada Kamis tanggal 10 Januari 2019.

“Sebelum penyerahan di Desa Waelo tanggal 12, dua hari sebelumnya kita juga melakukan penyerahan sertipikat secara langsung kepada masyarakat pada tanggal 10 Januari di dua desa lain diantaranya Desa Tifu dan Desa Debowae.

Untuk Desa Tifu, penyerahan Sertipikat Tanah kepada masyarakat seluruhnya berjumlah 194, sedangkan untuk Desa Debowae, jumlah Sertipikat Tanah yang diserahkan kepada masyarakat sebanyak 148.,” papar Latuconsina.

Sementara itu, pada Rabu tanggal 16 Januari 2019, kegiatan penyerahan Sertipikat Tanah secara langsung kepada masyarakat juga berlangsung di Dua Desa masing-masing, Desa Ilath dan Desa Waemorat, Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru.

Untuk Desa Ilath, jumlah Sertipikat Tanah yang diserahkan secara langsung kepada masyarakat sebanyak 340 sertipikat, sedangkan untuk Desa Waemorat jumlah Sertipikat Tanah yang diserahkan Kantor Pertanahan Kabupaten Buru adalah 147.

Dirinya berharap, dengan adanya penyerahan Sertipikat Tanah kepada masyarakat di sejumlah Desa di Kabupaten Buru dapat memberikan manfaat kedepan bagi seluruh masyarakat.

Program ini akan terus dijalankan oleh Kantor Pertanahan sesuai program Kementerian Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. (AT008)

Jadilah Orang Pertama share:
author